oleh

Diaspora Penyapu Rupiah Yang Tergilas Zaman di Jembatan Sewo

-News-85 views

Min.co.id-Indramayu-Tak asing lagi bagi pengendara mobil dan pemotor yang melintas di jembatan sewo Pantura Jawa Barat, pemandangan tersebut menjadi sebuah fenomena dari masa ke masa hingga saat ini.

Jembatan sewo terletak langsung di perbatasan dua kabupaten yaitu kabupaten Indramayu dan kabupaten Subang, Sekilas ada cerita legenda Saidah dan Saeni yang melekat di kali Sewo dan jembatannya, Cerita tersebut bagi banyak orang merupakan cerita sangat di kenal di sepanjang pantura dari mulai Karawang, Subang, Indramayu, Cirebon, dan Tegal sampai Semarang.

Terlebih kejadian yang sangat fenomenal yaitu pada tanggal 11 maret 1974, Satu bus Dwi warna yang mengangkut pelopor dari Boyolali ke Sumatera terjebur di kali sewo yang menewaskan 67 orang, Sejak saat itu bagi pengemudi kendaraan dan pemotor melempar uang demi membuang sial atau apes, hingga sekarang pun masih tetap berlangsung.

Salah satu dari sekian puluh penyapu uang koin yakni ibu Narsem (57) warga Sewo saat di wawancarai oleh wartawan        Min.co.id,mengatakan, “iya pak saya sudah puluhan tahun bekerja seperti ini, dan bukan saya saja akan tetapi dari luar desa saya pun banyak, ada yang dari Desa Cigugur, Kebon Danas, Sukra Embutan, Desa Rangdu dan Desa lainnya, Mereka seperti saya, dan hasilnya pun tergantung pak, kadang saya dapat 70 ribu kadang, 110 ribu kadang juga 150 ribu pak, uangkapnya.

Lebih lanjut, Narsem menuturkan “bukan hanya siang hari saja pak, malam hari pun seperti saya ini tetap menyapu atau mengais rezeki di jembatan sewo ini pak, pekerjaan ini saya lakukan demi menghidupi keluarga saya, dan begitupun mereka, hanya pekerjaan ini pak yang bisa saya lakukan sebagai pekerjaan sampingan, kalau sibuk di sawah ya saya bekerja di sawah, terangnya. Sabtu (21/11/2020).

Tak ayal kejadian kecelakan pun sering terjadi bagi penyapu uang koin tersebut, akibat terserempet mobil namun bagi mereka pekerjaan ini adalah sebuah tradisi turun temurun yang tak mudah dihilangkan, dari pihak kepolisian pun seringkali menghimbau kepada mereka untuk keamanan dan ketertiban lalu lintas agar berhati-hati menyapu koin uang di jembatan sewo terebut, namun kuatnya tradisi yang sudah melekat sebagai pekerjaan dan mata pencaharian mereka.

Banyak dampak yang terjadi dari Fenomena itu yakni sosial, ekonomi, pendidikan dan keamanan ketertiban, Dan itu semua adalah tugas dan kewajiban dari pemerintah untuk menanggulangi dan meningkatkan taraf hidup bagi mereka untuk bisa memberi solusi yang baik.(ikhwan)

Komentar

News Feed