oleh

Komplotan Spesialis Pembobol Toko Lintas Provinsi Dibekuk

-News-145 views

Min.co.id-Situbondo-Diungkapkan kawanan bandit spesialis pembobol toko asal Magelang, Jawa Tengah, tak hanya beraksi di sejumlah daerah di Pulau Jawa namun juga merambah hingga Palangkaraya – Kalimantan Tengah dan Manado – Sulawesi Utara.

Dari pengakuan tiga pelaku yang diringkus, sedikitnya sudah ada 13 TKP pembobolan yang mereka lakukan bersama komplotannya.

“Jadi mereka melakukan aksinya di banyak daerah. Selain lintas provinsi, juga lintas pulau. Di Situbondo mereka melakukan aksinya di dua toko, yakni toko Duta di jalan Bawean dengan kerugian Rp 140 juta, dan toko Sahabat di Jalan Irian Jaya dengan total kerugian Rp 248,500 juta,” kata Kapolres Situbondo, AKBP Awan Hariono, melalui keterangan tertulisnya, Jumat (21/6/2019).

Sebanyak 13 TKP pembobolan itu, antara lain 2 TKP di Situbondo, 2 TKP di Probolinggo, dan 2 TKP di Manado. Selebihnya, mereka juga beraksi di Bekasi, Tanggerang, Senen, Grobogan, Palangkaraya, Jember (gagal) dan Surabaya (gagal). Karena itu, Kapolres Awan meminta Kasatreskrim Polres Situbondo AKP Masykur, untuk segera berkoordinasi dengan polres jajaran.

Dalam aksinya, komplotan ini juga selalu diawali dengan mapping lokasi sasaran. Sebelum melancarkan aksinya pada dini hari, ada salah satu anggota komplotan yang selalu ditugasi ‘menggambar’ lokasi. Mapping lokasi ini biasanya dilakukan siang hari sambil pura-pura jadi pembeli.

“Setelah tahu lokasi, baru mereka melakukan pembobolan. Modus operandinya dengan menggunting kunci gembok menggunakan gunting baja ukuran besar dan membuka paksa pintu toko dengan linggis,” beber Kapolres.

Sebelumnya, aparat kepolisian Situbondo meringkus tiga anggota komplotan spesialis pembobolan toko lintas provinsi. Ketiga bandit itu seluruhnya berasal dari Magelang, Jawa Tengah. Antara lain Paryadi (36), berhasil ditangkap di sebuah jalan di Magelang, serts Suriyanto (43), dan Santoso (37), keduanya dibekuk di rumahnya masing-masing.

Ketiga pelaku ini terlibat pembobolan dua toko besar di Situbondo, yakni toko Duta pada akhir Februari silam, serta toko Sabahat Jaya pada bulan April lalu. Selain menangkap tiga pelaku, kini polisi juga memburu 7 orang DPO komplotan ini. Para DPO itu terdiri dari 6 pelaku lain dan satu orang penadah. Nama dan identitas mereka sudah dikantongi.

Sumber : NTMC Polri

Komentar

News Feed