399 Orang Tua Hebat Lulus dari SOTH di Lamongan

Min.co.id ~ Lamongan ~ Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, meresmikan wisuda 399 orang tua hebat dari program Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) angkatan IV di Aula Gajah Mada Pemkab Lamongan pada Kamis (25/7/2024).

Acara ini dihadiri oleh para wisudawan yang berasal dari 15 desa di 8 kecamatan, dengan biaya penuh yang dibiayai oleh dana desa.

“Wisudawati orang tua hebat ini telah melalui proses panjang di masing-masing desa. Ini adalah inisiatif luar biasa dari kepala desa yang memberikan ilmu yang bermanfaat bagi orang tua,” ungkap Bupati Yuhronur, akrab disapa Pak Yes.

Selama masa pendidikan, para peserta SOTH menerima pengetahuan komprehensif yang meliputi perencanaan hidup berkeluarga, pola asuh anak, pembentukan karakter, kesehatan dasar, dan pemenuhan gizi untuk anak usia dini.

“Tugas orang tua hebat tidak akan pernah selesai. Kita bertanggung jawab menciptakan generasi emas untuk Indonesia di masa depan. Dari ibu hamil hingga anak menjadi remaja dan dewasa, peran kita sebagai orang tua harus selalu ada,” lanjutnya.

Bupati berharap, ilmu yang diperoleh dalam 14 pertemuan selama lima bulan ke depan dapat diterapkan dan disebarkan ke keluarga dan lingkungan sekitar. “Mudah-mudahan ilmu ini bermanfaat dan selalu diingat sebagai bekal untuk menjadi orang tua yang hebat,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Lamongan, Aini Mas’idha, menekankan bahwa keterampilan parenting sangat penting, terutama di era sekarang di mana orang tua harus menjadi panutan dalam pengasuhan anak.

“Tujuan dari program ini adalah untuk memberdayakan keluarga dengan balita, melalui peningkatan pengetahuan tentang pendidikan dan pengasuhan,” jelasnya.

Siti Mukaromah, salah satu wisudawan dari Ngimbang, menyampaikan kebahagiaannya. “Kami merasa sangat beruntung bisa mengikuti program ini. Dari yang awalnya orang tua biasa, kini kami menjadi orang tua yang lebih mampu mengasuh anak dengan baik. Kami mendapatkan ilmu dan keterampilan yang sangat berharga,” tutupnya.

Dengan program SOTH, harapan untuk menciptakan generasi penerus yang berkualitas semakin nyata di Kabupaten Lamongan.(*)

Editor : Achmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *