Respons Cepat Bupati Indramayu Nina Agustina Atasi Banjir di Juntinyuat

Min.co.id ~ Indramayu ~ Bupati Indramayu, Nina Agustina, bergerak cepat menanggapi banjir yang melanda Desa Tinumpuk dan Pondoh di Kecamatan Juntinyuat. Luapan sungai yang terjadi akibat curah hujan tinggi menyebabkan banjir yang merendam areal persawahan, perumahan, dan jalan penghubung.

Kehadiran Bupati Nina Agustina di lokasi banjir disambut antusias oleh warga setempat yang berharap mendapatkan solusi segera. Camat Juntinyuat, Rusyad Nurdin, menjelaskan bahwa penyumbatan di beberapa saluran pembuang menyebabkan arus air tidak maksimal menuju muara, sehingga meluap ke berbagai lokasi, terutama di Desa Tinumpuk dan Pondoh yang paling parah terdampak.

“Alhamdulillah, Bupati Nina Agustina respons cepat dalam mengatasi banjir ini,” kata Rusyad di hadapan Bupati.

Bupati Nina Agustina menegaskan bahwa untuk mempercepat proses surutnya air, dirinya akan segera mendatangkan alat berat untuk melakukan normalisasi saluran Tinumpuk. Tanah hasil kerukan akan digunakan untuk memperkuat tanggul atau pembatas antara sawah dan sungai guna mencegah melubernya air ke sawah saat debit meningkat.

“Saat ini yang penting air segera surut, dan kami juga akan mendistribusikan benih padi kepada petani yang tanamannya terkena banjir agar mereka bisa kembali menanam,” ujar Bupati Nina kepada warga.

Kunjungan Bupati Indramayu tersebut didampingi oleh Dandim 0616 Indramayu, Sekda Indramayu, Staf Ahli, serta para Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Indramayu. Hal ini menunjukkan keseriusan pemerintah daerah dalam menangani bencana banjir dan mendukung pemulihan cepat bagi para warga yang terdampak.

“Upaya kami ini untuk memastikan masyarakat dapat kembali beraktivitas normal secepat mungkin, dan lahan pertanian bisa kembali produktif,” tambah Bupati Nina.

Pendekatan cepat dan terkoordinasi antara pemerintah daerah, TNI, dan masyarakat diharapkan dapat mengurangi dampak banjir dan mempercepat pemulihan kondisi di wilayah terdampak.

Editor     : Achmad

Komentar

News Feed