Blitar Ethnic Nasional (BEN) Carnival 2024 Siap Hadirkan Keajaiban Seni dan Budaya dari Empat Benua

Min.co.id ~ Kota Blitar ~ Kota Blitar bersiap menyelenggarakan event tahunan yang penuh warna, Blitar Ethnic Nasional (BEN) Carnival 2024, yang dijadwalkan berlangsung bulan depan. Dalam edisi tahun ini, BEN Carnival akan menampilkan ragam penampilan seni dan budaya yang menginspirasi dari empat benua yang berbeda.

Edy Wasono, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Blitar, menjelaskan bahwa tema BEN Carnival tahun ini akan menekankan kualitas dari berbagai penampilan yang ditampilkan. “Kami akan fokus pada kualitas penampilan, dengan tiga kategori utama yang akan disuguhkan,” ujarnya seperti yang dikutip dari laman resmi Pemkot Blitar pada Selasa (9/7/2024).

Menurut Edy, kategori pertama akan menampilkan seni dan budaya dari empat benua, yaitu Eropa, Afrika, Amerika, dan Asia. Sedangkan kategori kedua akan mempersembahkan kesenian dari anggota Apeksi wilayah IV, termasuk Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan 10 daerah lainnya. Sementara kategori ketiga akan menampilkan seni budaya dari Nusantara.

“Event BEN Carnival ini akan berlangsung bersamaan dengan Muskerwil IV Apeksi, di mana akan ada perwakilan dari beberapa daerah yang turut serta menyemarakkan acara ini,” tambah Edy.

Edy juga menegaskan bahwa tema untuk setiap peserta BEN Carnival telah ditentukan melalui undian, dan saat ini setiap peserta sedang aktif melakukan persiapan, termasuk menggaet seniman dari daerah asal mereka untuk penampilan yang lebih mengesankan.

Sejak digelar pertama kali pada tahun 2022, BEN Carnival tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga upaya Pemerintah Daerah untuk mewariskan nilai budaya lokal, menggerakkan ekonomi masyarakat, dan melestarikan kekayaan budaya Indonesia dengan sentuhan modern.(*)

Editor : Achmad

Komentar

News Feed