Keunikan Gulai Pisang Bengkulu: Rasakan Sensasi Baru dalam Hidangan Tradisional

Min.co.id ~ Bengkulu ~ Mendengar nama Gulai Pisang, Anda mungkin terheran-heran, bagaimana buah pisang yang biasanya disantap langsung atau dijadikan camilan seperti pisang goreng dan keripik pisang, bisa menjadi bahan utama gulai. Di Bengkulu, hal ini bukan lagi rahasia. Masyarakat setempat telah menjadikan pisang muda sebagai bahan baku gulai yang unik dan lezat ini sejak ratusan tahun lalu.

Gulai Pisang menggunakan pisang muda yang dipilih dengan cermat. Alasannya sederhana: pisang yang terlalu matang akan cepat rusak saat dimasak dalam gulai. Hidangan tradisional ini awalnya dijadikan sebagai lauk alternatif yang lebih ekonomis dibandingkan gulai daging sapi, ayam, atau ikan. Buah pisang yang mudah didapat dan harganya terjangkau menjadi solusi cerdas untuk masakan yang tetap kaya rasa.

Bahan-bahan lain yang melengkapi Gulai Pisang adalah lengkuas, santan kelapa, kunyit, ketumbar, bawang putih, bawang merah, garam, cabai merah, dan jeruk purut. Proses memasaknya dimulai dengan menghaluskan dan mencampur seluruh bumbu, kemudian memasaknya dengan sedikit air sambil terus diaduk. Setelah itu, potongan pisang yang masih berkulit dimasukkan ke dalam campuran bumbu dan dimasak hingga matang.

Hidangkan Gulai Pisang selagi hangat untuk dinikmati bersama keluarga saat berbuka puasa. Jangan lupa, masakan ini paling nikmat disajikan dengan nasi hangat. Sensasi rasa yang unik dan aroma yang menggugah selera dari gulai ini akan membuat momen berbuka Anda lebih istimewa.

Dengan keunikan dan kelezatannya, Gulai Pisang Bengkulu tidak hanya menjadi alternatif lauk yang ekonomis, tetapi juga memperkaya khazanah kuliner Indonesia. Jadi, jika Anda mencari pengalaman kuliner yang berbeda, cobalah Gulai Pisang yang kaya akan sejarah dan cita rasa.

Ind.id
Editor : Achmad

Komentar

News Feed