Gamelan Okokan: Suara Tradisi yang Mengiringi Prosesi Pelebon di Puri Ubud

Min.co.id ~ Ubud ~  Suara gemalai gamelan Okokan menggema di Puri Saren Ubud, Gianyar, pada Minggu (14/4/2024). Sejumlah warga Bali berkumpul untuk memainkan alat musik Okokan, mengiringi prosesi Pelebon yang merupakan bagian dari kegiatan pelestarian adat, seni, dan budaya Bali.

Gamelan Okokan, sebuah kesenian tradisional Bali yang khas, menjadi bagian tak terpisahkan dari upacara Pelebon di Puri Ubud. Dengan kekhasannya yang menghadirkan harmoni serta irama yang mengalun lembut, gamelan Okokan menciptakan suasana yang khusyuk dan hikmat selama prosesi berlangsung.

“Pelebon di Puri Ubud tidak hanya sekadar upacara pemakaman, tetapi juga sebagai wujud dari pelestarian nilai-nilai adat dan kebudayaan Bali yang kaya,” ujar seorang pengamat budaya setempat.

Melalui suara gamelan Okokan yang merdu, para warga Bali menghormati leluhur mereka dengan penuh khidmat. Momen ini menjadi pengingat akan pentingnya menjaga dan memelihara warisan budaya Bali untuk generasi mendatang.

Dalam kegiatan ini, gamelan Okokan tidak hanya menjadi pengiring, tetapi juga menjadi bagian dari identitas budaya yang melekat kuat dalam kehidupan masyarakat Bali. Dengan permainan yang penuh semangat dan penghayatan, para pemain gamelan Okokan turut menghidupkan nuansa spiritual dalam prosesi Pelebon.

Demikianlah, Gamelan Okokan tetap menjadi simbol kebersamaan dan kekayaan budaya Bali yang harus dijaga dan dilestarikan oleh setiap generasi. (ip)

 MC. Gianyar/wet

Editor : Achmad 

Komentar

News Feed