Tarian Lalayon: Simbol Kasih Sayang dan Kehangatan di Hari Jadi Tidore ke-916

Min.co.id ~ Tidore ~ Upacara Puncak Hari Jadi Tidore ke-916 menjadi saksi keindahan tarian Lalayon yang dilakukan oleh sejumlah penari di Kedaton Kie Kesultanan Tidore, Kelurahan Soasio, Kota Tidore Kepulauan, pada Sabtu (13/4/2024).

Dalam tarian ini, gerakan yang memikat dilakukan oleh penari pria, yang kemudian diterima dengan senyuman hangat oleh penari wanita. Keduanya kemudian menari bersama dengan gerakan yang penuh kasih sayang dan kehangatan.

Sebagai bagian dari perayaan Hari Jadi Tidore yang ke-916, tarian Lalayon memberikan pesan tentang keharmonisan dan kelembutan hubungan antarmanusia. Gerakan yang menggoda dari penari pria melambangkan daya tarik yang wajar, yang kemudian direspons dengan senyuman penari wanita, menggambarkan penerimaan dan keterbukaan hati.

Tarian ini tidak hanya menjadi perayaan sejarah dan tradisi, tetapi juga simbol dari nilai-nilai universal seperti kasih sayang, kehangatan, dan kedamaian yang selalu dijunjung tinggi oleh masyarakat Tidore.

Tarian Lalayon memberikan gambaran yang indah tentang bagaimana interaksi antarindividu dapat menjadi sumber kebahagiaan dan kedamaian dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini sejalan dengan semangat perayaan Hari Jadi Tidore, yang tidak hanya merayakan masa lalu, tetapi juga menatap masa depan dengan optimisme dan semangat kebersamaan. (ip)

 MC Tidore/PB.Swantara

Editor : Achmad

Komentar

News Feed