Pintu Terbuka : Guru Indonesia Berpeluang Mengajar di Amerika Serikat

Min.co.id ~ Yayasan Pertukaran Indonesia-Amerika Serikat atau American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) bersama Fulbright Indonesia menyediakan beasiswa nongelar selama dua semester bertajuk Fulbright Foreign Language Teaching Assistant (FLTA). Program ini dikhususkan bagi pengajar bahasa Inggris atau bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA).

Fulbright adalah program pendidikan yang dijalankan oleh Pemerintah AS melalui Departemen Luar Negeri bersama Departemen Pendidikan dan Kebudayaan sejak disahkan Kongres pada tahun 1946 silam. Sejak saat itu, sudah sekitar 390.000 penerima beasiswa Program Fulbright yang meliputi pelajar, mahasiswa, guru dan dosen serta para profesional dari seluruh dunia termasuk dari Indonesia untuk menempuh pendidikan dan melakukan riset di AS.

Selain itu, seperti dikutip dari website resminya, AMINEF dan Fulbright juga memberi kesempatan kepada guru bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemahirannya berbahasa Inggris dan memperluas pemahaman tentang budaya selama dua semester di sejumlah universitas di AS. Menariknya, guru-guru ini nantinya diberi kesempatan untuk membagikan pengalamannya kepada mahasiswa AS secara langsung. Pendaftaran untuk mengikuti beasiswa ini ditutup pada 15 April 2024.

Setiap penerima beasiswa (awardee) selama satu tahun akademik akan mendapatkan kesempatan mengajar atau menjadi asisten hingga 20 jam per minggu. Seperti dikutip dari website https://rebrand.ly/Fulbright-FLTA, awardee ini setidaknya bisa mengikuti dua kelas metodologi Studi Amerika dan Pengajaran bahasa Inggris sebagai Bahasa Kedua (Teaching English as a Second Language/TESL) setiap semesternya.

Terdapat persyaratan umum dan khusus yang mesti disimak oleh calon pelamar agar bisa mengikuti seluruh rangkaian proses pendaftaran yang dilakukan secara daring di alamat website https://stu.aminef.or.id/grantee/.

 

Syarat Umum:

1. Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia selama mendaftar dan proses seleksi

2. Bukan penduduk tetap atau warga negara AS, atau sedang tinggal di AS

3. Berbakat dalam memimpin dan melakukan pelayanan sosial

4. Siap dan berkomitmen terhadap bidang studi pilihan mereka

5. Mahir berbahasa Inggris

6. Memiliki catatan akademis yang baik

7. Bersungguh-sungguh untuk menyelesaikan program profesional di AS

8. Bukan bagian karyawan atau anggota keluarga dekat atau tanggungan karyawan AMINEF atau Kedutaan Besar AS, atau Departemen Luar Negeri AS

9. Tidak menerima beasiswa lain saat mengajukan beasiswa ini

10. Menunjukkan komitmen yang kuat untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan fellowship.

 

Syarat Khusus:

1. Mempunyai pengalaman minimal satu tahun sebagai guru penuh waktu (full time) bahasa Inggris atau bahasa Indonesia di sekolah menengah atau universitas

2. Dapat menjadi asisten pengajar dan mahasiswa di kampus tujuan

3. Lulusan S1 atau S2

4. Memiliki skor TOEFL ITP minimal 550, atau skor TOEFL iBT 80, atau skor IELTS 6,5, atau skor Duolingo 110.

 

Selain itu, ada beberapa dokumen persyaratan yang harus dipenuhi peserta, yaitu:

1. Formulir pendaftaran

2. Salinan skor TOEFL ITP, atau TOEFL iBT, atau skor IELTS, atau Duolingo terbaru (maksimal dua tahun)

3. Tiga surat referensi dari atasan kerja saat ini, instruktur atau profesor

4. Salinan transkrip akademik dan ijazah (dalam bahasa asli dan bahasa Inggris)

5. Salinan KTP atau paspor

6. Daftar riwayat hidup (Curriculum vitae).

 

Setelah seluruh dokumen yang diminta telah dipersiapkan, maka calon kandidat dapat memulai proses registrasi pendaftaran secara daring. Caranya sebagai berikut:

1. Buka website https://stu.aminef.or.id/grantee/

2. Membuat akun sesuai instruksi yang ada

3. Mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah berkas sesuai ketentuan

4. Setelah formulir dan berkas dikirim, pelamar tidak bisa mengubahnya. Oleh karena itu, perhatikan baik-baik data yang diisikan sebelum mengirimkan data diri

 

Jika ada kendala atau informasi yang kurang dipahami, calon kandidat bisa menanyakannya langsung ke infofulbright_ind@aminef.or.id. Segeralah mendaftarkan diri sebelum ditutup pada 15 April 2024.

Sumber : ind.go.id

 

Komentar

News Feed