Pintu Pendidikan Internasional Terbuka: Beasiswa Khusus ASEAN dari Kementerian Pendidikan Singapura

Min.co.id ~  Pemerintah Singapura melalui Kementerian Pendidikan setempat telah membuka pintu bagi pelajar berprestasi dari negara-negara Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) untuk menempuh pendidikan di sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) di negara tersebut. Beasiswa ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kerjasama pendidikan antar-negara ASEAN serta memperkaya pengalaman pendidikan bagi pelajar di kawasan.

Menurut pernyataan resmi yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Singapura, beasiswa ini diperuntukkan bagi pelajar berprestasi dari negara-negara ASEAN seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand, Vietnam, Indonesia, dan Singapura sendiri. Setiap penerima beasiswa akan diberikan kesempatan untuk menempuh pendidikan setara SMP dan SMA di Singapura, mengikuti kurikulum yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Singapura.

Para penerima beasiswa tidak hanya akan mendapatkan pengalaman belajar di dalam kelas, tetapi juga akan diberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan penting seperti kepemimpinan, komunikasi, dan berbagai keterampilan hidup lainnya. Mereka juga akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan pelajar dari berbagai negara ASEAN lainnya dan pelajar Singapura untuk memperluas wawasan serta mengembangkan kepribadian.

Beasiswa ini menawarkan beragam fasilitas kepada para penerima, termasuk akomodasi asrama, tunjangan tahunan dan tunjangan menetap, tiket pesawat pulang-pergi, biaya sekolah, biaya ujian, serta tunjangan kesehatan dan asuransi kecelakaan. Para penerima juga akan diberikan sertifikat A-Level GCE Singapore-Cambridge sebagai penghargaan atas prestasi mereka.

Bagi yang berminat, persyaratan pendaftaran termasuk melampirkan nilai rapor, data diri, sertifikat organisasi kesiswaan, sertifikat prestasi, dan dokumen lain yang menunjukkan keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Para pelamar diharuskan mendaftar secara daring melalui situs web resmi Kementerian Pendidikan Singapura dan menjalani serangkaian tes dan wawancara.

Jadwal pendaftaran dan tahapan seleksi beasiswa ditetapkan sebagai berikut:

  • Pendaftaran: 15 Februari — 25 April 2024
  • Tes Akademik: Juni 2024 (waktu ditentukan kemudian)
  • Tes Wawancara: Juli 2024 (tentatif)
  • Pengumuman Awardee: September 2024
  • Mulai Sekolah: November 2024

Tes dan wawancara akan dilaksanakan di empat kota, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di situs web resmi Kementerian Pendidikan Singapura.

Beasiswa ini merupakan peluang berharga bagi pelajar ASEAN yang bermimpi untuk menempuh pendidikan di Singapura. Diharapkan, program ini dapat memperkaya pengalaman pendidikan mereka dan memperkuat kerjasama pendidikan antar-negara ASEAN.

Sumber : ind

Editor   : achmad 

Komentar

News Feed