Bus Jurusan Blitar – Lampung Disita: Sopir Positif Narkoba di Terminal Gayatri

Min.co.id ~ Tulungagung ~ Polres Tulungagung Polda Jatim bersama instansi terkait gencar melakukan pemeriksaan urine bagi sopir dan rampchek kendaraan umum, dalam persiapan arus balik Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024. Terobosan ini dilakukan untuk memastikan keselamatan dan keamanan para pemudik.

Kegiatan yang dilangsungkan di Terminal Gayatri Tulungagung melibatkan BNNK Tulungagung dan Dinas Perhubungan setempat. Kapolres Tulungagung, AKBP Teuku Arsya Khadafi, menyatakan bahwa pemeriksaan ini adalah bagian dari Operasi Ketupat Semeru 2024, yang bertujuan untuk mencegah dan memberikan himbauan keselamatan kepada pemudik dan pengemudi angkutan umum.

“Kami berkomitmen untuk memastikan arus mudik berjalan lancar dan aman. Oleh karena itu, kami rutin melakukan pemeriksaan urine bagi sopir dan rampchek kendaraan umum,” ungkap AKBP Arsya.

Dalam pemeriksaan kali ini, satu sopir bus berinisial EA (31) asal Kalianda Lampung Selatan dinyatakan positif mengonsumsi narkotika jenis Amphetamine dan Methamphetamine.

“Dari 10 sampel yang diambil, 9 di antaranya negatif dan 1 positif,” tambah AKBP Arsya.

Selama pemeriksaan, polisi juga menemukan sejumlah barang bukti seperti alat hisap, bong, pipet, dan korek api yang digunakan untuk mengonsumsi narkoba.

“Sopir tersebut mengakui mengonsumsi narkoba sebelumnya untuk doping, dan mengaku sudah mengonsumsi secara rutin selama 3 hari terakhir,” jelas AKBP Arsya.

Akibat temuan ini, penumpang yang telah membeli tiket menggunakan bus tersebut dipindahkan ke bus lain dari perusahaan yang sama.

“Kami akan terus memantau agar penumpang sampai tujuan dengan selamat,” tambahnya.

Sementara itu, sopir yang terbukti mengonsumsi narkoba diserahkan kepada Satresnarkoba Polres Tulungagung dan BNNK Tulungagung untuk proses lebih lanjut.

“Kami melarang keras pengemudi menggunakan alkohol dan obat-obatan terlarang karena berisiko bagi keselamatan penumpang dan pengguna jalan lainnya,” tegas AKBP Arsya.

Kapolres Tulungagung menekankan bahwa Polres akan tetap hadir untuk memastikan arus balik berlangsung aman dan nyaman di wilayah hukumnya.

Editor : achmad 

Komentar

News Feed