Sukses! Polresta Malang Kota Amankan 42 Kg Ganja, Kurir Berpura-pura Jadi Pemudik

Min.co.id ~ Kota Malang ~ Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polresta Malang Kota berhasil menggagalkan peredaran ganja seberat 42 kilogram dan menangkap seorang kurir berinisial MS (27) asal Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, yang menyamar sebagai pemudik.

Penangkapan tersebut dilakukan pada Kamis (4/4) sekitar pukul 16.00 WIB di Exit Tol Waru Gunung Surabaya.

Kombes Pol Budi Hermanto, Kapolresta Malang Kota, menjelaskan bahwa MS ditangkap saat menaiki bus dengan membawa satu koper berisi 8 bungkus ganja seberat 42 kilogram yang sudah dilakban dengan coklat, serta satu unit ponsel merek Oppo warna biru.

“Pengungkapan kasus ini menunjukkan keseriusan Polresta Malang Kota dalam memerangi peredaran narkoba, meskipun dalam bulan puasa kami tetap aktif,” ungkap Kombes Pol Budi Hermanto.

Kasat Resnarkoba Polresta Malang Kota, Kompol Harjanto Mukti Eko Utomo, menjelaskan bahwa penangkapan MS merupakan hasil penyelidikan dan pengembangan kasus sebelumnya pada bulan Maret 2024.

“Dari hasil pengakuan tersangka, MS telah melakukan pengiriman ganja sebanyak tiga kali sebelumnya. Modusnya, ia menyamar sebagai pemudik dan membawa koper ganja langsung dari Aceh – Palembang, dengan rute transit di Kota Surabaya,” jelas Kompol Harjanto.

Masyarakat diimbau untuk turut serta dalam memerangi peredaran narkoba dengan memberikan informasi kepada pihak kepolisian jika mengetahui adanya aktivitas yang mencurigakan.

Atas perbuatannya, MS dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) dan/atau Pasal 111 ayat (2) UU RI No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman mati atau pidana penjara maksimal 20 tahun dan denda paling banyak Rp 10 miliar.

Editor : achmad

Komentar

News Feed