Mabuk Perjalanan Bisa Dikurangi dengan 5 Cara Ini Saat Mudik Lebaran

Min.co.id ~ Mudik telah menjadi tradisi tahunan bagi masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Namun, tak sedikit yang masih sering mengalami mabuk perjalanan saat bepergian dengan mobil, kapal laut, atau pesawat terbang.

Mabuk perjalanan, atau motion sickness, terjadi karena otak tidak dapat memahami sinyal yang dikirimkan oleh telinga, mata, dan bagian tubuh lainnya. Gejalanya bisa beragam, mulai dari berkeringat, sakit perut, hingga mual atau muntah.

Berikut adalah lima cara ampuh untuk mencegah mabuk perjalanan:

  1. Hindari Makan Sebelum Perjalanan: Mengonsumsi makanan atau minuman tepat sebelum perjalanan atau dalam jumlah besar dapat meningkatkan kemungkinan mabuk perjalanan. Sebaiknya hindari makanan berat sebelum berangkat.
  2. Pilih Pengharum Mobil yang Tepat: Bau yang kuat bisa memicu mabuk perjalanan. Sebaliknya, beberapa aroma yang menenangkan dapat membantu. Pilihlah wewangian mobil yang tidak terlalu kuat dan sesuai dengan preferensi Anda.
  3. Pilih Tempat Duduk yang Tepat: Duduk di kursi tengah atau belakang seringkali memicu mabuk perjalanan. Kursi penumpang depan cenderung lebih nyaman bagi penderita mabuk perjalanan.
  4. Hindari Aktivitas dengan Konsentrasi Tinggi: Membaca buku atau menggunakan ponsel dapat meningkatkan kemungkinan mabuk perjalanan. Usahakan untuk menghindari aktivitas yang membutuhkan fokus visual yang tinggi.
  5. Makan Permen Karet: Mengunyah permen karet dapat membantu mengurangi mabuk perjalanan. Aktivitas mengunyah dapat membantu mengalihkan perhatian dan meredakan gejala mual.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan masyarakat yang mudik dapat mengurangi risiko mabuk perjalanan dan menikmati perjalanan dengan lebih nyaman. Selamat mudik dan selamat sampai tujuan!

Editor : achmad 

Komentar

News Feed