Deklarasi Damai Pemilu 2024 di Kabupaten Ciamis

CIAMIS _ Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat mendeklarasikan Pemilu Damai. Deklarasi ini dilaksanakan terpusat di Kabupaten Ciamis, tepatnya dari Gedung Islamic Center Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (6/11/2023).

Deklarasi Pemilu Damai ini dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Agus Subiyanto SE, MSi, Kapolda Jabar Irjen Pol Dr. Akhmad Wiyagus S.I.K., M.Si., M.M., Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko, S.Sos., Ketua KPU Jabar, Ketua Bawaslu Jabar, dan para peserta Pemilu 2024.

Saat itu, Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Tony Ptasetyo Yudhangkoro SH., S.I.K., M.T., dan Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya, Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih, menyambut kedatangan KASAD dan unsur Forkopimda serta Penyelenggara Pemilu Provinsi Jabar. Acara ini turut diikuti oleh para tokoh agama, masyarakat, budaya, pemuda serta Ormas dan LSM di wilayah Ciamis, Banjar dan Tasikmalaya.

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan deklarasi Pemilu Damai oleh KPU dan Bawaslu serta elemen masyarakat dan perwakilan partai politik. Ini diikuti oleh seluruh tamu undangan yang hadir di Islamic Center Ciamis. Acara dilanjutkan dengan Bakti Sosial dan pelepasan Kirab Pemilu 2024.

Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro SH, S.I.K., M.T., menyampaikan kehadirannya bersama Dandim dan unsur Forkopimda Ciamis, Banjar dan Tasikmalaya hadir untuk menyambut sekaligus deklarasi damai Pemilu 2024. Dimana kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Darat, Kapolda Jabar dan Pangdam III/Siliwangi serta penyelenggara Pemilu 2024 tingkat Provinsi Jabar.

“Ini bagian dari pada wujud sinergitas TNI-Polri, Penyelenggara Pemilu 2024, Partai Politik dan elemen masyarakat berkomitmen bersama wujudkan Pemilu damai. Pemilu yang solid, tak ada perpecahan maupun polarisasi,” kata AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Agus Subiyanto SE, M.Si., menyampaikan, deklarasi damai ini komitmen bersama Pemilu 2024 damai. Semua sepakat untuk mewujudkan Pemilu 2024 damai.

“Pada pelaksanaan dilapangan akan bersama-sama bersatu untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu,” ucap Jenderal Bintang Empat TNI AD.

Eks Wakil Kepala Staf Angkatan Darat ini menilai bahwa daerah rawan saat Pemilu 2024 dibagi beberapa klasifikasi. Namun TNI AD sudah memiliki rencana kontijensi antisipasi setiap ancaman, baik alam maupun non alam.

“Klasifikasi wilayah berbeda-beda. Di TNI AD ada rencana kontijensi alam dan non alam. Non alam seperti konflik sosial, dan itu pemetaan ada di para Pangdam. Kita antisipasi setiap ancaman yang akan timbul di wilayah,” tutur Jenderal TNI AD lulusan Akademi Militer 1991.

*Ciamis, Kapolres Ciamis, Polda Jabar.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *