H. Kasmana : Tradisi Sedekah Bumi / Mapag Sri Bentuk Rasa Syukur Kepada Allah Swt

INDRAMAYU ~ Budaya Peninggalan Nenek Moyang Kita terdahulu, seperti Sedekah Bumi, Mapag Sri terus di lestarikan oleh Masyarakat bersama Pemerintahan Desa Karanglayung Kecamatan Sukra Kabupatem Indramayu Provinsi Jawa Barat di bawah kepemimpinan H. Kasmana sebagai Kepala Desa atau Kuwu.

Pada penyelenggaraan acara adat sedekah Bumi sekaligus adat Mapag Sri Kamis (2/11/2023) bertempat di halaman Kantor Desa Karanglayung dengan menghadirkan pagelaran Wayang Kulit Karya Budaya dalang H.Anom Suwarno, H. Kasmana kepada Awak Media Min.co.id menjelaskan,acara adat Desa seperti Mapag Sri sekaligus Sedakah bumi yang di selenggarakan oleh Pemerintahan Desa Karanglayung bersama Masyarakat merupakan Agenda tahunan di setiap menyambut panen raya dan akan memulai bercocok Tanam Padi.

” Mapag Sri dan Sedekah Bumi merupakan bentuk wujud syukur kepada Allah Swt atas hasil panen padi yang di dapat oleh para Petani Desa Karanglayung.
Dan Alhamdulilah, meski dengan adanya El Nino, Hasil panen padi tahun 2023 ini, para petani mendapatkan hasil panen yang cukup memuaskan.” tuturnya.

Imbuhnya, Kami selaku pemerintahan Desa Karanglayung yang 70 persen Penduduknya mayoritas petani akan berupaya memberikan yang terbaik Pada para petani berkaitan dengan pembangunan infrastruktur sektor Pertanian. ( A. Satori – Dewa)

Komentar

News Feed