Lestarikan adat,Pemdes bersama Warga menggelar acara Unjungan Buyut Suro

Min.co.id.-Indamayu-Kabupaten Indramayu sangat kaya akan adat istiadat leluhur yang hingga saat ini masih terus terpelihara dan dilestarikan.

Salah satunya yaitu yang dilakukan oleh Warga Desa Pagirikan Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu,pada hari Sabtu 14 Oktober 2023 Pagi hari.

Setiap satu tahun sekali di antara bulan tertentu dilaksanakan acara yang biasa disebut dengan Tradisi Unjungan oleh Tokoh dan masyarakat setempat.

Terlihat jelas dilokasi acara begitu ramai dan meriah serta antusias dari Masyarakat dengan Penampilan dan Kreasi dari warga sekitar Desa Pagirikan.

Dimulainya acara Arak arakan dari Balaidesa,seorang Kepala Desa (Kuwu) Desa Pagirikan yang didampingi istrinya menaiki Kereta Kencana dengan diiringi warga yang berpakaian khas tertentu.

Syarifuddin atau yang diakrab di panggil Bos Udin menjelaskan terkait acara Unjungan di wilayahnya tersebut untuk mempererat tali silaturahmi dan melestarikan adat istiadat dari leluhur.

“Alhamdulillah untuk tahun ini lebih meriah karena Masyarakat lebih antusias menampilkan hasil Kreasinya dari masing masing Blok untuk meramaikan acara Unjungan Buyut Suro,”Kata Udin.

Panitia Mengucapkan terimakasih kepada Masyarakat yang sudah terlibat meramaikan Unjungan Mbah Buyut Suro yang diselenggarakan rutin setiap Tahun.(Maskani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *