oleh

Ini Ciri Mobil Bekas yang Masih Bagus

-Otomotif-49 views

Min.co.id-Di antara beberapa tanda, memang ada beberapa ciri mobil second yang masih layak dan memiliki kualitas baik sehingga cocok dijadikan bahan pertimbangan untuk dibeli. Beberapa ciri tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

 

Suara Mesin Terdengar Halus

Saat Anda akan membeli mobil bekas, satu hal yang perlu untuk Anda cek adalah suara mesin dari mobil itu sendiri.

Dengarkan dan perhatikan suaranya. Karena, pada umumnya mobil yang masih bagus, terutama di sektor mesinnya, tentu saja tidak mengeluarkan suara menderu saat dipakai, baik dalam kecepatan sedang maupun tinggi.

Pastikan juga bahwa Anda tidak mendengar suara gesekan atau benturan perkakas bagian dalam mobil.

Untuk mengecek suara mesin mobil, Anda bisa menghidupkan mesin selama 5 menit dengan kondisi kap dibuka. Bila tidak ada suara aneh yang muncul maka kondisi mesin dari mobil tersebut masih dalam keadaan yang baik-baik saja dan layak diperhitungkan.

Namun, bila ada suara seperti kletek-kletek atau gesekan antar dua komponen, Anda harus waspada. Karena, bisa saja itu pertanda bahwa kondisi mesin sudah tidak normal lagi.

Tangki Bensin dan Oli Tidak Bocor

Di sisi lain, ciri mobil bekas masih bagus bisa dilihat dari bagaimana kondisi tangki bahan bakar dan juga tangki oli mesinnya.

Dimana, kondisi tangki yang masih bagus dan tidak bocor merupakan tanda bahwa mobil yang sedang Anda cek tersebut terawat dengan cukup baik.

Sebab, kebocoran yang terjadi pada dua komponen tersebut bisa dipastikan akan memicu beberapa masalah lain yang justru akan merugikan Anda jika mobil tersebut dibeli.

Perlu diketahui, kebocoran pada tangki bensin dan oli bisa dilihat dari ada atau tidaknya rembesa berupa cairan pada dua komponen tersebut.

Cek Asap Knalpot

Kemudian, untuk mengindikasikan bagus tidaknya mobil second juga bisa diteliti dari kondisi warna asap yang keluar dari knalpot.

Jika warna asap hitam pekat, itu tandanya proses pembakaran pada mobil tersebut tidak terjadi secara sempurna. Entah karena apa, yang jelas pada sistem pembarakannya ada masalah.

Sementara itu, bila asap yang keluar dari knalpot berwarna putih, itu menandakan bahwa ada campuran oli yang merembes sehingga masuk pada mesin pembakarannya dan bercampur di area tersebut.

Tak sampai di situ saja, Anda juga harus memastikan bahwa kondisi pada bagian ujung dari knalpot masih tampak bersih atau berwarna cokelat kemerahan setelah mesin mobil dihidupkan beberapa menit.

Kenapa demikian? Karena, ini merupakan salah satu tanda bahwa campuran atau komposisi bahan bakar dan udara yang terkandung pada ruang pembakaran sudah ideal sehingga bisa bekerja dengan stabil saat mesin mobil dihidupkan.

Perpindahan Gigi Terasa Alot

Di sisi lain, untuk memastikan bahwa transmisi atau gigi pada mobil baik-baik saja, Anda harus melakukan test drive.

Saat mencoba mengendarai mobil ini, pastikan bahwa ketika gigi dipindah, tidak alot saat diputar dan tidak merasa kesulitan saat akan memindahkan gigi secara cepat.

Ini juga menjadi pertanda bahwa mobil ini masih dalam keadaan normal dan tidak ada masalah serius.

Akan tetapi, bila kondisinya sebaliknya, Anda harus menanyakan kepada si penjual kenapa saat perpindahan gigi terasa agak berat dan sedikit terasa alot. Karena, bisa jadi mobil tersebut jarang digunakan yang mana hal tersebut sebenarnya bukan menjadi masalah.

Namun, bila dikarenakan ada kerusakan maka sebaiknya pertimbangkan dulu secara matang-matang sebelum memutuskan untuk membelinya.

Mobil Terasa Kuat saat Menanjak

Saat Anda melakukan test drive, cobalah sesekali untuk mengecek apakah mobil kuat melewati tanjakan atau tidak.

Mobil yang kondisi masih dalam keadaan baik meskipun itu berstatus bekas, tentu saja tidak akan mengeluarkan suara menderu-deru atau asap knalpot tebal saat digunakan untuk melalui jalan menanjak dengan kemiringan sekitar 20 sampai 30 derajat.

Hal ini juga tidak boleh Anda lepaskan. Karena, bila dengan tingkat kemiringan tersebut mobil terasa berat itu tandanya ada masalah pada beberapa sektor, baik sektor mesin, transmisi, hingga pada bagian roda maupun kaki-kakinya.

Rem Masih Berfungsi dengan Normal

Lalu, untuk mengetahui apakah mobil tersebut masih berkualitas atau tidak, bisa dicoba cek pada bagian sistem pengeremannya.

Ini sangat penting karena pengereman di sini berkenaan erat dengan sistem keamanan maupun keselamatan berkendara.

Maka dari itu, saat melakukan uji coba (test drive), usahakan untuk berkendara dengan kecepatan agak tinggi kemudian injak pedal remnya.

Jika rem berfungsi normal maka injakan pedalnya akan terasa lembut dan tidak terlalu keras (sedikit lunak).

Tetapi, jika kondisinya injakan rem terlalu dalam atau terlalu keras, bisa jadi setelan pada bagian pengereman perlu diatur ulang.

Atau, tak menutup kemungkinan kampas rem yang sudah saatnya diganti tetapi belum sempat diganti.

Bodi Mobil Bebas dari Cacat

Ciri jika mobil bekas masih dalam keadaan baik juga bisa dilihat dari sisi bodi atau tampilan luarnya.

Namun, tak hanya sekedar soal tampilan, struktur bodinya pun juga patut untuk Anda lihat, apakah ada cacat seperti penyok, bekas cat terkelupas, goresan, atau adakah bekas dempulan.

Bila tidak ada maka bisa dipastikan mobil tidak pernah mengalami benturan maupun kecelakaan dan bisa Anda pilih sebagai kendaraan pribadi.

Setelah memahami beberapa ciri mobil bekas masih bagus di atas, Mas Sena yakin bahwa Anda sudah bisa mengenal mana mobil yang masih berkualitas dan mana yang kurang berkualitas.

Di sisi lain, selain beberapa ciri di atas, ada beberapa tanda lain yang mungkin saja bisa Anda jadikan indikator untuk mengetahui kondisi mobil second yang hendak Anda beli. Hanya saja, beberapa indikator di atas merupakan ciri yang umum dijadikan patokan bagus tidaknya sebuah mobil.

Demikian ulasan dari Mas Sena mengenai tanda atau ciri mobil bekas masih bagus dan berkualitas. Semoga bermanfaat.

sumber:semisena

Komentar

News Feed