Ini 5 Manfaat Berenang Yang Perlu di Ketahui

Min.co.id-Olahraga berenang merupakan salah satu olahraga aerobik yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Selain itu, berenang juga menawarkan sejumlah manfaat yang berbeda dari olahraga lainnya.

Berikut 5 manfaat berenang yang perlu ketahui :

1. Olahraga yang menggerakkan seluruh tubuh

Menggunakan sebagian besar dari bagian atas hingga bawah tubuh ketika sedang berenang. Dengan berenang juga dapat memberikan manfaat olahraga secara keseluruhan.

2. Membakar kalori

Menggerakkan semua otot membutuhkan banyak energi dan itu dapat menyebabkan pembakaran kalori sebagai gantinya. Semakin kuat latihan, semakin banyak kalori yang terbakar. Banyaknya kalori yang terbakar, tergantung dari kemampuan seseorang dalam berenang itu sendiri. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berenang dapat meningkatkan fungsi paru-paru, terutama pada anak-anak.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

American Heart Association menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang selama 2,5 jam setiap minggu. Berenang dapat memberikan manfaat yang sama layaknya berolahraga di daratan seperti bersepeda, berjalan kaki atau kelas menari.

Faktor lainnya adalah tekanan hidrostatik merupakan gaya yang diberikan air terhadap suatu benda. Tekanan pada air ini mendorong darah ke jantung sehingga dapat meningkatkan sirkulasi.

3. Mengurangi stres

Aktivitas fisik rutin, termasuk berenang berkaitan dengan penurunan stres psikologis dan meningkatkan mood. Banyak orang yang mengatakan bahwa tekanan pada air ketika berenang membuat rileks, memiliki efek yang sama seperti ketika sedang berpelukan.

4. Pilihan tepat untuk penderita asma

Berenang juga merupakan pilihan yang aman untuk penderita asma. Orang-orang cenderung memiliki risiko lebih rendah untuk mendapatkan serangan asma ketika berenang dibandingkan ketika melakukan aktivitas luar ruangan seperti bersepeda atau hiking. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berenang juga dapat meningkatkan fungsi paru-paru, terutama pada anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *