oleh

Makanan Khas Indonesia Yang Dikenal Dunia

-Kuliner-82 views

Min.co.id-Kekayaan rempah-rempah yang dimiliki Indonesia secara tidak langsung membuatnya terkenal menjadi negara yang kaya akan kuliner dengan ragam cita rasa. Bahkan setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya tersendiri. Bukan hanya enak setiap makanan khas daerah Indonesia juga memiliki filosofinya tersendiri, semacam mewakili masyarakat yang membuatnya.Kamis, (21/4/22).

Misalnya makanan khas masyarakat Jawa yang cenderung manis akan sangat berbeda dengan makanan khas masyarakat Sumatera yang lebih pedas. Sangat mudah menemukan makanan dari setiap daerah di Indonesia meskipun kamu tak berkunjung ke daerah asalnya sekalipun.

Saking populernya beberapa makanan khas daerah Indonesia juga terkenal hingga mancanegara. Barang kali beberapa di antaranya sudah kamu coba atau bahkan menjadi makanan favoritmu juga.

Berikut 7 makanan khas daerah Indonesia yang mendunia :

1. Rendang

Makanan khas daerah Indonesia yang mendunia pertama adalah rendang. Makanan ini berasal dari daerah Sumatera Barat. Beberapa tahun belakang maknaan ini telah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia.

Makanan dari daging sapi yang dimasak dengan santan kelapa serta bumbu rempah selama berjam-jam ini memang begitu sangat enak. Meskipun berasal dari Sumatera Barat, makanan yang satu ini hampir ada di seluruh daerah di Indonesia. Kerap jadi hidangan yang disajikan saat perayaan hari besar keagamaan atau acara syukuran.

2. Soto

Makanan khas daerah Indonesia berikutnya yang jadi favorit banyak orang adalah Soto. Makanan sejenis sup dengan kuah rebusan ayam atau sapi ini memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera. Kuah berwarna kekuningan dengan rasa gurih dan harum. Warna kuning dikarenakan dari kunyit, bawang merah, bawang putih sebagai bumbu dasarnya. Sedangkan soto daging biasa berwarna bening atau berkuah santan.

Soto dapat ditemukan di tiap daerah, khususnya di pulau Jawa. banyak sekali varian soto di Indonesia, salah satunya adalah Soto Lamongan, Soto Kudus, Soto Betawi, Soto Bandung, Soto Padang, Soto Jepara, Soto Banjar, Coto Makasar, dan masih banyak lainnya.

3. Pempek

Makanan khas daerah Indonesia yang mendunia berikutnya adalah pempek. Pempek adalah sejenis kue ikan yang berasal dari Palembang di Sumatera Selatan. Dikatakan makanan ini adalah hidangan yang dipengaruhi oleh budaya Cina yang biasanya dibuat dengan daging ikan tenggiri goreng.

Pempek terbuat dari daging ikan giling tanpa tulang yang dicampur air, garam, dan tepung sagu. Adonan direbus atau dikukus sebelum digoreng dan disajikan dengan saus asam manis yang terbuat dari gula aren, cabai, bawang putih, cuka, dan garam.

4. Nasi Padang

Selanjutnya, makanan khas daerah Indonesia yang tak kalah enak lainnya adalah nasi Padang. Nasi Padang sebenarnya adalah nasi putih yang disajikan bersama aneka jenis lauk khas Padang seperti rendang, gulai ikan, ayam bakar, ayam pop, telor dadar, kering tempe, daging cincang, daun singkong rebus dan sambal ijo.

Yang menarik dalam menyantap nasi padang di restoran adalah cara penyajian. Kamu bisa menyantap dengan cara semua menu dihidangkan di meja, sehingga kamu tinggal memilih makanan yang akan disantap. Cara kedua adalah dengan memesan langsung 1 porsi nasi padang tanpa harus meminta untuk dihidangkan di meja.

5. Papeda

Berikutnya, papeda merupakan makanan khas daerah Indonesia dari Papua yang terbuat dari sagu. Papeda harus dimasak selama beberapa menit sampai tekstur makanan berubah menjadi bubur. Bubur putih dengan tekstur lengket seperti itu terasa hambar. Sebagai pelengkap, makanan khas daerah Papua ini diberi ikan kuah pedas dan sayur-sayuran.

6. Gudeg

Makanan khas daerah Indonesia bagian Pulau Jawa adalah gudeg. Tepatnya makanan ini berasal dari Yogyakarta. Gudeg merupakan sayur dari nangka muda yang dimasak dengan santan dengan proses yang lama. Gudeg biasa disajikan dengan nasi panas, kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur dan juga sambal krecek yang nikmat tiada dua.

7. Ayam Taliwang

Sedangkan, ayam taliwang merupakan makanan khas daerah Indonesia dari Nusa Tenggara Barat yang berbahan dasar daging ayam. Daging ayam tersebut dibakar dengan bumbu cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah dan garam. Disajikan bersama bumbu tambahan, dan menu tambahan seperti plecing kangkung.(rls)

Komentar

News Feed