oleh

Pedagang Peci Banjir Rezeki

-Bisnis-64 views

Min.co.id-Kota Probolinggo-Bulan suci Ramadan selalu membawa berkah bagi semua orang tak terkecuali para pedagang peci alias songkok. Tingginya permintaan songkok selama Ramadan membuat mereka meraup keuntungan yang besar.

Mail (35) yang berjualan aneka peci di pinggir Jalan Cokroaminoto sekitar depan Gardu PLN ini terlihat tak henti-hentinya meladeni pembeli. Ada yang membeli satu hingga dua namun ada juga yang hanya sekedar menanyakan harganya saja.

Sebagai pedagang musiman,Ia mengaku dirinya hanya berjualan songkok saat bulan Ramadan saja.Hal ini telah dilakukannya secara rutin sejak 4 tahun terakhir,” katanya. Senin (4/4/22).

Menurutnya, berjualan songkok di bulan Ramadhan bisa menambah banyak keuntungan sebab permintaan sedang tinggi-tingginya. Hal ini yang sangat membantu mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga, apalagi menjelang lebaran di mana harus ada pengeluaran untuk zakat.

Aneka peci tersebut dibelinya di Pasar secara grosiran. Kemudian menjualnya secara eceran dengan harga penjualan yang beragam, yakni mulai dari Rp 35 ribu hingga Rp 65 ribu tergantung kualitas bahannya.

“H-5 lebaran biasanya pembeli agak melonjak. Kalau di awal-awal sampai pertengahan Ramadhan kan masih sepi,” katanya sembari tersenyum.

Mail menyebutkan, keuntungan yang diperoleh per hari dari hasil berjualan songkok mencapai Rp 100 ribu pada hari biasa dan Rp 150 ribu di akhir-akhir bulan Ramadan nanti.
Penjualannya pun beragam dari jenis peci berkualitas sedang merupakan jenis yang paling banyak dicari. Jenis yang dimaksud adalah peci hitam polos.

Meski begitu, songkok tersebut pun kadang tidak terjual semuanya hingga Idul fitri tiba. Jika sudah begitu, maka biasanya akan disimpan untuk tahun depan atau dijual kembali dengan harga murah.

“Tergantung, ada yang biasa disimpan hingga tahun depan. Ada yang biasa jual murah sama temannya yang memang penjual songkok setiap hari,” katanya.(KM)

Komentar

News Feed