oleh

Kapolsek Apresiasi Pemilihan Mantir Adat Dilaksanakan Secara Online

-News-22 views

Min.co.id – Kotim – Polsek Antang Kalang jajaran Polres Kotim Polda Kalteng, melalui Kapolsek Antang Kalang IPTU Sapril Nyampai, SE., menghadiri kegiatan pemilihan Mantir Adat Desa Waringin Agung secara online, bertempat di Kantor Desa Waringin Agung Kecamatan Antang Kalang, Kabupaten Kotim, Provinsi Kalteng. Senin (27/09/2021).

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Staf Kecamatan Antang Kalang, Yang mewakili Danposramil 1015-13/M.Hulu, Kepala Desa Waringin Agung, Plt. Demang Antang Kalang dan perwakilan warga masarakat.

Kegiatan Pemilihan Mantir Adat di Desa Waringin Agung terasa sedikit berbeda dengan pemilihan-pemilihan Mantir di desa lainnya, hal ini dikarenakan pemilihan dilaksanakan secara online dengan terlebih dahulu membuka “Link pemilih” yang telah disiapkan oleh panitia. Para pemilih dapat menentukan pilihannya hanya dirumah saja, untuk menghindari kecurangan dalam pemilihan maka calon pemilih didata dan dimasukkan terlebih dahulu ke grup whatsapp serta pemilih hanya dapat sekali saja menentukan pilihannya, dikarenakan aplikasi hanya bisa digunakan 1 kali saja.

Pada saat pemilih menentukan pilihannya secara otomatis system pada operator melakukan perekapan, sehingga pada batas waktu yang ditentukan dapat diketahui suara terbanyak berikut persentasenya.

Dengan diadakannya pemilihan Mantir Adat Desa Waringin Agung secara online maka diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa yang lain dalam pelaksanaan suatu kegiatan pemilihan dimasa pandemi Covid-19, dimana pemilihan tetap terlaksana secara demokratis namun tidak menimbulkan suatu kerumunan, sehingga dapat mengantisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Antang Kalang.

Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin, SIK, M.Si melalui Kapolsek Antang Kalang Iptu Sapril Nyampai, SE. menjelaskan bahwa kegiatan pemilihan “secara online” Mantir Adat Desa Waringin Agung bisa menjadi contoh yang baik bagi desa-desa yang lain bahkan daerah diluar Kecamatan Antang Kalang dimana panitia sudah membuat terobosan cara pemilihan dengan tidak menimbulkan kerumunan. “Hal ini positif, karena panitia pemilihan secara langsung sudah mendukung anjuran pemerintah mengenai protokol kesehatan yakni 5M (Menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan, memakai masker dan membatasi mobilitas keluar rumah).” pungkas Iptu Sapril (TJ’19 AK)

Komentar

News Feed