oleh

Yuk, Simak Jadwal Pertandingan Awal PON Papua

Min.co.id – PON Papua akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Oktober dan berlangsung hingga 15 Oktober mendatang. PON Papua melombakan 37 cabang olahraga dalam 679 nomor pertandingan serta diikuti oleh 7.066 atlet dari 34 provinsi.

Gebyar pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua tak terasa tinggal menghitung hari. Sejumlah cabang olahraga akan memulai laga perdana mereka sepekan sebelum PON Papua dibuka Presiden Joko Widodo secara resmi, 2 Oktober 2021.

PON ke-20 ini akan berlangsung hingga 15 Oktober mendatang. Sofbol nomor beregu putra menjadi cabang pertama PON Papua yang menggelar babak penyisihannya. Laga akan dimulai pada Rabu (22/9/2021) di Lapangan Sofbol Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura.

Selain sofbol putra, dua cabang juga akan mulai menggelar babak penyisihannya di waktu sama, 23 September 2021, yakni bisbol di Lapangan TNI Angkatan Udara di Pangkalan Udara Silas Papare, Sentani, Kabupaten Jayapura. Kemudian polo air beregu putra memulai pertandingan perdananya di Arena Akuatik, Lukas Enembe Sport Complex, Kampung Harapan, Kelurahan Nolokla, Distrik Sentani Timur.

Pada hari yang sama, pertandingan perdana juga akan dilakoni cabang aerosport terbang layang di Pangkalan Udara Yohanis Kapiyau, Timika. Kemudian pada Kamis (24/9/2021), cabang aerosport kembali menggelar laga, kali ini untuk gantole di Lapangan Terbang Advent, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura. Cabang futsal juga mulai menggelar pertandingan penyisihan di GOR Futsal SP2, Mimika Sport Complex.

Lalu kapan jadwal sepak bola dimulai? Cabang olahraga paling populer di Indonesia ini akan memulai pertandingan pertamanya untuk nomor putra di Stadion Barnabas Youwe, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (27/9/2021). Sebagai tuan rumah PON, Papua menyiapkan empat kabupaten/kota sebagai klaster meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke.

Terdapat 16 tempat pertandingan (venue) disiapkan di Kota Jayapura termasuk di Teluk Yos Sudarso, GOR Waringin Kotaraja, Stadion Mandala Jayapura, GOR Cendrawasih, serta Bumi Perkemahan Waena Cenderawasih Skyland. Di Kabupaten Jayapura juga terdapat 14 venue, di antaranya, adalah Akuatik Kompleks Olahraga Stadion Lukas Enembe, Lapangan Menembak Kampung Harapan, Istora Papua Bangkit, dan Lapangan Terbang Advent Doyo Baru.

Lalu untuk Mimika terdapat setidaknya sembilan venue yang siap medukung PON pertama di Pulau Papua ini. Sebagian venue berada di Mimika Sport Complex seperti GOR Futsal SP-2 Mimika, Stadion Atletik Mimika Sport Center, Panjat Tebing SP-2 Mimika, dan GOR Basket Mimika Sport Center.

Sementara itu, Merauke telah menyiapkan lima venue demi menyambut hajatan ini, yakni Arena Balap Motor Tanah Miring, Stadion Katalpal Merauke, Ballroom Swissbell Merauke, GOR Futsal KONI, hingga Gedung Archelaus SAI. Sebanyak 7.066 atlet telah tercatat ikut ambil bagian, sebanyak 922 atlet di antaranya adalah wakil tuan rumah. Mereka akan berlaga pada 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabang dalam 679 nomor pertandingan. Kontingen Jawa Barat merupakan juara umum POM 2016. (Sumber: indonesia.go.id)

Komentar

News Feed