oleh

Asinan Buah, Pilihan untuk Mencici Buah dengan Rasa Berbeda

Min.co.id, Indramayu – Siapa bilang buah tak bisa dijadikan camilan. Asal pintar mengolahnya, buah bisa jadi kudapan sehat yang menyegarkan, seperti asinan buah.

Berbeda dengan rujak, asinan adalah campuran aneka buah yang disajikan dengan kuah cuka asam pedas. Kuah oranye ini punya konsistensi cair dan biasa dihidangkan dalam jumlah banyak sehingga menggenangi aneka buah.

Yani, salah satu penjual asinan buah yang berlokasi di Jl. Kereta Api Lama, Paoman, Indramayu sudah banyak pembeli. Para pembeli menyebut asinan buah Yani berbeda dengan yang lain. Yani mengatakan, yang membuat asiananya berbeda terletak pada proses perendaman buahnya.

“Semakin lama buah direndam kuah asinan maka rasanya akan semakin nendang,” kata Yani.

Demi menyasar konsumen lebih luas, Yani meracik asinan kekinian. Buah yang digunakan lebih bervariatif, beberapa buah yang kerap digunakan untuk asinan kekinian antara lain anggur, apel, kelengkeng, leci, mangga muda (pentil) dan lain sebagainya. Sementara kuah dari asinan ini juga biasa ditambahkan perasan jeruk lemon yang membuat rasanya asam pedas.

“Asinan buah tidak pernah bosan dimakan di waktu apa pun. Malah, kehadiran asinan buah bisa membuat suasana kumpul semakin meriah,” ujar Yadi salah satu pelanggan setia Yani.

Dalam sehari Yani bisa menjual kiloan buah yang dipakai sebagai asinan. Keuntungan yang didapat Yani sehari bisa mencapai Rp 250 ribu. Yani menjual asinannya di depan rumahnya dengan meja kecilnya. Meski begitu, pembelinya terus berdatangan dari berbagai desa. (Vino)

Komentar

News Feed