oleh

Mengenal Tanda Kelelahan Mental dan Cara Mengatasinya

Min.co.id – Salah satu indikasi kamu mengalami kelelahan secara mental ialah merasa lelah sepanjang hari meskipun sudah beristirahat dengan cukup. Indikasi lainnya bisa berupa kehilangan konsentrasi dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan. Lalu, apa itu kelelahan mental?

Mengutip dari laman Yayasan Pulih, Kelelahan mental merupakan keadaan psikologis yang disebabkan oleh aktivitas kognitif yang berkepanjangan dan dicirikan dengan perasaan subjektif, seperti ‘kelelahan’ dan ‘kekurangan energi’. Kelelahan mental yang dialami seseorang mungkin terjadi setelah melakukan pekerjaan yang membutuhkan banyak energi atau ketika merasa sangat stres dalam jangka waktu yang lama.

Dampak kelelahan mental yang diabaikan dapat mengganggu banyak hal, baik secara pribadi maupun pekerjaan. Jika terus dibiarkan, kelelahan mental akan berdampak pada fisik, seperti sakit kepala, sakit perut, pegal-pegal, naik atau turunnya berat badan dan emosional. Bahkan bisa sampai berpengaruh ke produktivitas dalam bekerja.

Masih mengutip pada laman yang sama, berikut tanda-tanda kamu sedang mengalami lelah mental.

  • Kelelahan fisik yang berkepanjangan

Kamu merasa tubuhmu sangat lelah meski tidak ada aktivitas berat dan memilih untuk tidak melakukan apapun.

  • Emosi tidak stabil

Tanda berikutnya, yaitu kamu menjadi lebih sensitif dan lebih cepat marah dengan orang lain, bahkan dengan alasan yang tidak masuk akal, serta kamu juga mungkin mengalami mood swing yang drastis.

  • Tidak ingin berinteraksi dengan orang lain

Kelelahan mental dapat membuat malas berinteraksi dengan orang lain. Kamu merasa ingin menyendiri dan menghindar dari orang-orang sekitar.

  • Menangis tanpa alasan

Ketika sedang lelah mental, kamu merasa dalam situasi yang paling buruk, sehingga membuat diri lebih sensitif dengan hal-hal kecil. Hal ini seringkali membuat diri kehilangan kekuatan untuk menghadapi suatu permasalahan. Akhirnya, salah satu mekanisme untuk melawan hal tersebut adalah dengan menangis, bahkan bisa jadi kamu akan mengasi secara tiba-tiba tanpa tahu alasannya.

  • Motivasi berkurang secara drastis

Bekurangnya motivasi akibat kelehan mental akan membuat kamu tidak dapat fokus dan menyelesaikan pekerjaan.

Sementara itu, untuk mengatasi kelelahan mental kamu bisa melakukan beberapa cara berikut:

Istirahat

Cara pertama ialah dengan beristirahat, baik dalam durasi singkat atau panjang untuk membantu meredakan gejalan kelelahan mental. Istirat bisa dimulai dengan hal sederhana, mulai dari menyisihkan waktu 15 menit pada jam istirahat makan siang untuk berjalan-jalan atau sekadar menghirup udara segar. Bisa juga dengan meluagkan waktu di akhir pekan untuk melakukan kegiatan yang kamu sukai.

Olahraga

Meski tidak mudah untuk melakukan olahraga disaat kondisi tidak baik, tetapi olahraga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mental. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup dengan olahraga ringan seperti jalan cepat atau berlari-lari kecil.

Relaksasi 

Melakukan relaksasi secara alamiah dapat menurunkan stres dan kecemasan. Sebuah studi mengatakan bahwa mediasi dapat menurunkan kadar kortisol dalam darah, yang dapat menurunkan risiko penyakit terkait dengan stres.

Tidur cukup dan tepat waktu

Usahakan untuk mendapatkan waktu tidur selama delapan jam. Hindari menghabiskan waktu terlalu banyak di tempat tidur agar dapat tidur tepat waktu dengan kualitas tidur yang baik. Buatlah rutinitas waktu tidur, seperti membuat jam waktu tidur dan membaca ringan selama beberapa menit sebelum tidur.

Perawatan medis

Jangan lupakan bahwa meminta bantuan kepada professional merupakan hal yang penting. Ahli kesehatan mental dapat memberikan kamu perawatan, terapi maupun obat yang tepat untuk membantu kamu mengatasi dan melewati masa sulit. (Iim)

Referensi:

http://yayasanpulih.org/2021/02/tanda-tanda-kamu-kelelahan-secara-mental-dan-cara-mengatasinya/

 

Komentar

News Feed