oleh

Hari Ozon Internasional, Kenali Fungsi dan Dampak Kerusakan Ozon Bagi Bumi

Min.co.id – Hari ozon internasional atau International Day for the Preservation of the Ozone Layer diperingati setiap tanggal 16 September. Pada tahun ini merupakan peringatan yang ke-35 sejak pertama kali diperingati pada tahun 1987.

Tema Hari Ozon Internasional pada tahun ini adalah Keeping us, our food, and vaccines cool, yang bermakna untuk menjaga kita, makanan, dan menjalankan program vaksin.

Ozon merupakan lapisan stratosfer yang melindungi bumi dari bagian berbahaya sinar matahari yang  bersifat karsinogeni dan memicu kanker kulit serta merusak ekosistem. Oleh karenanya, lapisan ozon sangat penting untuk melindungi kehidupan di bumi.

Pemicu kerusakan lapisan ozon disebabkan oleh sejumlah bahan kimia. Sementara itu, akibat yang ditimbulkan jika lapisan ozon rusak adalah bocornya sinar  ultraviolet-B yang masuk melalui lubang ozon yang rusak. Kemudian akan berakibat menghambat pertumbuhan tanaman, mengurangi produksi plankton yang memicu kerusakan rantai makanan, memicu kanker kulit, dan menurunnya kapasitas produksi pada organ manusia.

Pada tahun 1994, Majelis Umum PBB memproklamirkan Hari Internasional untuk Pelestarian Ozon pada tanggak 16 September. Sebagai peringatan penandatanganan Protokol Montreal tentang Zat yang Merusak Lapisan Ozon. (Iim)

Komentar

News Feed