Blengep Cotot, Jajanan Tradisional Indramayu yang Kian Sulit Dijumpai

Min.co.id, Indramayu – Blengep cotot merupakan kudapan legendaris khas Indramayu. Bahannya terbuat dari singkong yang direbus, lalu ditumbuk hingga bisa dibentuk menjadi bulatan-bulatan pipih berdiameter sekitar 8 cm, yang di dalamnya diisi gula. Setiap bulatan diolesi dengan minyak goreng agar tidak menempel satu sama lain.

Kudapan ini bisa ditemukan di pasar tradisional di Indramayu. Namun, lokasi yang paling legendaris dan kerap disebut-sebut identik dengan blengep cotot adalah di Pasar Bangkir, Desa Rambatan Kulon, Kecamatan Lohbener, Indramayu.

Darminih adalah salah satu penjual blengep cotot di Desa Wanantara, Kecamatan Sindang menuturkan keprihatinannya, kalau blengep cotot ini mulai sulit ditemukan di pasar-pasar tradisional. Orang-orang banyak yang mencari sampai, namun mereka tak menemukannya.

Blengep Cotot Tidak Bertahan Lama

“Pedagang jajanan di pasar-pasar tersebut lebih memilih menjual kue-kue modern yang dianggap lebih awet dibandingkan blengep cotot. Sebab daya tahan blengep cotot ini memang sangat pendek,” ujar Darminih.

Inilah yang menjadi alasan mengapa blengep cotot tidak bisa menjadi oleh-oleh khas Indramayu. Sebab sampai saat ini belum ada penerapan teknologi yang membuat kudapan dengan rasa manis dan gurih ini bisa bertahan lama. (Vino)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *