oleh

Rekomendasi Olahraga yang Bisa Dilakukan Selama PPKM Darurat

Min.co.id – Selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, tubuh kita perlu dijaga agar tetap sehat dan bugar. Maka dari itu, penting untuk berolahraga secara rutin karena selain membuat tubuh sehat, olahraga juga bisa mengurangi kadar stres. Apalagi saat ini kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Olahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, termasuk di rumah ataupun di sekitar rumah. Jadi, untuk kamu yang sedang mengurangi mobilitas 4 jenis olahraga berikut cocok dilakukan selama masa PPKM Darurat berlangsung. Dilansir dari Bolasport, berikut keempat olahraga tersebut.

1. Lari

Jenis olahraga yang satu memang sudah tidak asing lagi. Siapa saja bisa melakukannya karena Lari tidak membutuhkan alat ataupun lintasan khusus. Meskipun ada beberapa orang juga yang lebih menyukai lari di lintasan khusus.

Baik di lintasan khusus maupun di lingkungan sekitar tempat tinggal, manfaat kesehatan yang didapatkan dari olahraga lari tetap sama. Yang perlu diperhatikan, meski lari hanya di sekitaran rumah, tapi jangan lupa untuk memakai sepatu lari agar kaki tetap nyaman saat berolahraga dan menghindari risiko cidera.

2. Bersepeda

Tren bersepeda tidak ada matinya. Selama pandemi, tren ini kembali muncul. Banyak sekali dijumpai para bikers yang biasa ditemui di jalan-jalan besar.

Ketika bersepeda semua bagian tubuh bergerak sehingga otot-otot jadi terlatih. Lebih dari itu, sembari bersepeda kita bisa menikmati suasana luar ruangan, sehingga rasa jenuh pun hilang.

Selama PPKM Darurat, tidak perlu mengajak teman untuk bersepeda bersama. Gowes saja sendirian. Pilih jalur yang dekat dari rumah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

3. Sepatu Roda

Pada tahun 1980-an, sepatu roda digandrungi banyak orang, terutama kaum muda. Pada tahun 2021, sepatu roda kembali populer dan menjadi olahraga kekinian.

Selama PPKM Darurat, kamu bisa bersepatu roda di taman atau lapangan dekat rumah. Pastikan permukaan tanahnya rata, sehingga bisa bersepatu roda dengan nyaman.

4. Kalistenik

Kalistenik bisa dilakukan di mana saja. Gerakan olahraga ini memanfaatkan beban tubuh untuk melatih otot. Beberapa gerakannya tidak membutuhkan alat khusus, sehingga bisa dilakukan di rumah. Misalnya, melatih otot perut, punggung, dan lengan dengan sit up, plank, atau push up. Bisa juga dengan melakukan gerakan lunges dan squat yang efeknya sama dengan berlari.

Perlu diperhatikan, hendaknya menggunakan perlengkapan olahraga yang benar, seperti mengenakan pakaian olahraga, sepatu, atau matras khusus saat olahraga kalistenik. (Iim)

Foto: pixabay/dsandzhiev

 

 

Komentar

News Feed