Ciri Mobil Bekas yang Masih Bagus

Min.co.id-Jika Anda memiliki rencana untuk membeli mobil bekas, tentunya Anda harus bisa pandai-pandai memilih mana mobil bekas yang masih layak atau tidak.

 

Pasalnya, di tengah banyaknya penjual mobil bekas, tentu saja ada beberapa oknum nakal yang mencoba untuk menipu Anda dengan harga miring namun kualitas mobil dipertanyakan.

Lantas, bagaimana sih cara untuk memilih mobil second agar tidak tertipu itu? Semakin penasaran bukan?

Tanda Mobil Second Layak Beli

Di tengah banyaknya penawaran mobil bekas sampai detik ini, tentu saja bagi Anda yang memiliki rencana untuk membelinya, jangan asal pilih. Anda harus mengenali apa saja tanda atau ciri mobil bekas yang masih bagus dan layak dibeli tentunya.

Suara Mesin Terdengar Lembut

 

Pertama, aspek umum yang jarang diabaikan oleh banyak orang dalam kaitannya dengan soal mobil second, adalah suara mesin.

Yang mana, suara mesin mobil yang tentunya masih bagus akan terdengar halus, baik dalam kondisi netral maupun saat mobil digas.

Tentu saja, suara mesin yang smooth menjadi sebuah indikasi bahwa proses kinerja dalam ruang permesinan maupun pembakaran masih berjalan normal sebagaimana mestinya.

Apalagi, jika mesin masih tetap terdengar smooth saat mobil dihidupkan dalam waktu lebih dari 2 menit.

Dengan begitu, sangat disarankan sekali bagi Anda untuk selalu mengecek suara mesin terlebih dahulu sebagai salah satu upaya untuk mengenali tanda mobil second yang masih layak pakai.

Minus Kebocoran

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa pada mobil second yang hendak dibeli, pastikan tidak ada indikasi kebocoran. Khususnya area tangki bahan bakar mobil dan tangki oli mesin.

Karena, jika ada indikasi kebocoran maka sangat berpotensi sekali akan memicu berbagai masalah, terutama di sektor permesinan daripada mobil.

Di satu sisi, perlu untuk Anda ketahui bahwa jika ada masalah pada area tangki bahan bakar maupun tangki oli, nantinya akan ada rembesan cairan yang keluar.

Pastikan juga tabung radiator beserta selang-selang penghubung pada mobil tersebut tidak ada kebocoran sama sekali yang umumnya akan memicu masalah serius bilamana dibiarkan begitu saja.

So, adanya rembesan cairan di beberapa titik mobil tentu bisa menjadi pertimbangan dari analisis ciri mobil bekas yang masih layak atau tidak.

Asap Knalpot Bening (Tidak Berwarna)

Kemudian, tanda lain yang tak bisa Anda abaikan begitu saja terletak pada warna dari asap mobil itu sendiri.

Dimana, jika mobil asapnya tidak berawarna, itu indikasi bahwa mobil masih dalam kondisi normal yang tentunya layak untuk dipertimbangkan.

Sedangkan, bila asap knalpot mengeluarkan asap putih, bisa jadi itu merupakan suatu indikasi kuat bahwa di dalam sektor permesinan telah terjadi kebocoran.

Yang mana, umumnya kebocoran akibat dari oli mesin yang merembes keluar. Jika memang demikian, tentu saja Anda harus benar-benar memastikan pada asap knalpot yang keluar dari mobil tersebut.

sumber : semisena

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *