oleh

Lakon Dhuta Pamungkas Ramaikan Festival Kresnayana 2021

Min.co.id-Jatim-Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur menggelar Festival Kresnayana di Candi Penataran Kabupaten Blitar, Sabtu (5/4/2021) malam.

Dalam sambutan pembukaan, Kepala Disbudpar Jawa Timur, Sinarto mengatakan, lakon yang diangkat kali ini adalah Dhuta Pamungkas yang menceritakan perkawinan antara Raja Wisnuwardhana dengan Narayana Waninghyun, seperti yang tergambar di reliel Candi Jago dan Candi Penataran. “Kisah Raja Wisnuwardhana dengan Narayana Waninghyun ini menjadi dasar lakon dalam pertunjukan berjudul  Dhuta Pamungkas,” katanya.

Sinarto berharap, festival ini menjadi pematik kegiatan pertilunjukan di tahun mendatang, dan Festival Kresnayana juga mampu menginspirasi kabupaten/kota untuk jadi bagian dalam Festival Kresnayana tahun depan.

Dikatakan Sinarto. selain dipandang sebagai cagar budaya nasional, candi akan lebih berkembang nilainya jika dimanfaatkan sebagai ruang untuk melaksanakan seni pertunjukan.

Seperti yang sering dilakukan di Candi Prambanan Jawa Tengah dengan pertunjukan Ramayana. Selain mengangkat nilai candi, juga mampu mendatangkan wisatawan.  “Festival Kresnayana ini membuka peluang pada bidang pariwisata untuk mempromosikan daerah, kalau digelar rutin setiap tahunnya,” ungkapnya.(rls)

Komentar

News Feed