oleh

Ankle Sprain ,Apakah itu ?

Min.co.id-Ankle sprain adalah cedera pada pergelangan kaki yang muncul karena peregangan yang berlebihan pada ligament. Ligamen adalah jaringan penyambung antar tulang pada sendi. Setiap ligament memiliki batasan gerakan , sehingga jika melewati batasnya maka ligament tersebut akan teregang dan menyebabkan rasa nyeri.

Mengapa bisa terjadi?

Gerakan yang membuat pergelangan kaki memutar ataupun melipat berlebihan .

Gerakan spontan yang cepat pada pergelangana kaki

Gerakan menekuk ke dalam atau ke luar secara berlebihan

 

 

Gejala Pergelangan Kaki Keseleo

Gejala utama pergelangan kakinya keseleo adalah nyeri di pergelangan kaki, terutama saat berdiri atau berjalan. Rasa nyeri ini timbul setelah cedera, yang sering kali terasa sentakan atau robekan di dalam mata kaki .

Setelah itu, pada pergelangan kaki akan timbul memar dan bengkak. Pergelangan kaki juga dapat terasa kaku dan lunak saat disentuh.

 

Apa Yang Dapat Dilakukan

  • Proteksi

Lindungi daerah yang cedera untuk menghindari kerusakan yang lebih parah, dapat menggunakan brace untuk menyangga sendi yang bermasalah.

  • Istirahatkan pergelangan kaki
    Hindari aktivitas yang dapat menambah rasa nyeri, bengkak, atau rasa tidak nyaman.
  • Kompres dingin pergelangan kaki
    Kompres pergelangan kaki dengan es batu yang dibalut handuk atau kantong. Lakukan kompres selama 20-30 menit, sebanyak 3-4 kali sehari.
  • Bebat pergelangan kaki
    Bebat pergelangan kaki dengan perban elastis. Pembebatan ini bertujuan untuk meredakan bengkak, mengurangi pergerakan, dan menopang.
  • Naikkan pergelangan kaki
    Pada saat berbaring, posisikan kaki lebih tinggi dari dada. Tujuannya adalah untuk mengurangi pembengkakan di ankle.

Jika nyeri tidak tertahankan padahal sudah minum obat pereda nyeri, seperti paracetamol, segera konsultasikan dengan dokter.

Dokter dapat memberi obat antiinflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen atau diclofenac, untuk meredakan nyeri dan bengkak. Dokter juga dapat menganjurkan penggunaan tongkat atau pemasangan gips, jika dirasa perlu.

 

Kapan Harus ke Dokter

Bila timbul keluhan di bawah ini, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter:

  • Nyeri hebat yang tidak tertahankan
  • Keluhan tidak berkurang dalam 5-7 hari
  • Tidak dapat berjalan

Terapi Serta Rehabilitasi sangat diperlukan untuk

-mengembalikan kekuatan serta gerakan kaki

-Memperkuat otot-otot sekitar pergelangan kaki

-Memperbaiki keseimbangan sehingga tidak terjadi ankle sprain berulang

Beberapa latihan fisik untuk rehabilitasi ankle sprain

  1. Towel stretch

Dilakukan dengan cara menarik ankle menggunakan handuk, dengan cara melilitkan handuk pada telapak kaki dan mengulur tendon Achilles seperti Gambar 1

 

  1. Standing calf stretch

Berdirilah dekat dinding dengan satu kaki di depan yang lain, lutut yang di depan sedikit membungkuk. Lutut yang belakang diluruskan, dengan tumit menyentuh  tanah, dan condongkan badan ke tembok. Rasakan peregangan sepanjang betis kaki belakang anda. Tahan peregangan ini selama 20-30 detik. Ganti kaki, lalu ganti untuk total 3 pengulangan.

 

  1. Standing soleus stretch

Berdiri tegak, maju setengah langkah. Jaga berat badan anda merata pada kedua kaki dan perlahan-lahan tekuk lutut anda . Tumit kakimu tetap menempel ke tanah. Anda akan merasakan peregangan di kaki belakang, tepat di atas tumit. Lanjutkan bergerak turun perlahan dengan pinggul anda untuk memperdalam peregangan. Tahan peregangan ini selama sekitar 30 detik dan bergantain pada sisi yang lain .

4. Ankle Active Range of Motion

Letakan handuk digulung atau rol busa di bawah pergelangan kaki anda. Putar pergelangan kakimu perlahan membuat lingkaran, searah jarum jam dan berlawanan jarum jam 10 lingkaran.

  1. Resisted ankle dorsoflexion

Lilitkan resistance band pada benda yang kokoh. Duduk di lantai dengan kedua kaki direntangkan ke depan Anda saat menghadap ke benda tersebut. Lilitkan resistance band pada sekitar bagian tengah telapak kaki, pastikan band meregang saat ditarik antara kaki dan benda tersebut. Lenturkan kaki dengan menarik jari-jari kaki ke arah Anda. Berhenti sebentar, lalu kembali ke posisi awal. Ulangi, lalu ganti dengan kaki yang lain.

  1. Resisted ankle plantarflexion

Penulis : Dr Desi Natalia

Komentar

News Feed