oleh

Unpad Siapkan Beasiswa S2-S3 Tahun 2021

Min.co.id-Universitas Padjadjaran (Unpad) mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Salah satunya melalui Beasiswa Program Doktor Padjadjaran untuk program S3 dan Beasiswa Unggulan Pascasarjana Padjadjaran untuk program fast track Magister-Doktor.

Seperti dikutip dari laman www.unpad.ac.id, menurut Rektor Unpad Rina Indiastuti yang juga Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis itu, pendaftaran dua program beasiswa tersebut dapat dilakukan melalui jalur pendaftaran pascasarjana reguler di laman SMUP Unpad di http://smup.unpad.ac.id.

Secara teknis, dua program beasiswa 2021 ini diarahkan pada pembelajaran berbasis riset. Program ini diintegrasikan dengan hibah riset internal Unpad yang dikelola Direktorat Riset dan Pengabdian pada Masyarakat Unpad dan akan diberikan kepada para calon promotor.

Sebanyak 14 dosen terpilih sebagai promotor mahasiswa penerima Beasiswa Unggulan Pascasarjana Padjadjaran. Sedangkan 13 dosen lainnya terpilih sebagai promotor untuk mahasiswa penerima Beasiswa Program Doktoral Padjadjaran.

Beasiswa Unggulan Pascasarjana Padjadjaran mengadaptasi Program Beasiswa Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Penerima beasiswa akan mendapatkan beasiswa untuk biaya pendidikan dan riset sebesar Rp30 juta per tahun, serta biaya hidup per bulan sebesar Rp2,5 juta selama satu tahun mengikuti pendidikan magister yang dilanjutkan dengan tiga tahun pendidikan doktor.

Selama empat tahun mengikuti program fast track Magister-Doktor tersebut, mahasiswa akan disupervisi dosen promotor untuk melakukan riset dan publikasi bersama. “Diharapkan dalam waktu empat tahun, penerima beasiswa dapat menyelesaikan studinya hingga program doktor,” kata Rektor Rina.

Sementara itu untuk Beasiswa Program Doktoral Padjadjaran, mahasiswa akan mendapatkan beasiswa untuk biaya pendidikan dan riset selama tiga tahun menempuh pendidikan S3 dan melakukan riset bersama dosen promotor. Luaran dari program beasiswa ini berupa satu publikasi artikel ilmiah dalam jurnal internasional bereputasi per tahunnya.

Untuk persyaratan umum dan prosedur pendaftaran bisa melihatnya di laman http://smup.unpad.ac.id. Berikut ini jadwal penting untuk program beasiswa:

  1. Masa pembayaran biaya pendaftaran (Rp600.000 untuk S2 dan Rp750.000 untuk S3): 25 Mei–18 Juni 2021 (15.00 WIB)
  2. Masa isi data, unggah dokumen persyaratan dan finalisasi pendaftaran: 25 Mei-18 Juni 2021 (15.00 WIB)
  3. Tes wawancara: 15 Juni–19 Juni 2021
  4. Pengumuman: 22 Juni 2021; 9 Juli–14 Juli 2021 (S3)

 

Bagi peserta yang belum memiliki nilai TPA/TKA dan atau nilai TKBI, dapat mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh Pusat Inovasi Psikologi (PIP) Unpad dan Pusat Bahasa Unpad dengan jadwal sebagai berikut:

  1. Tes TKA Batch I: 27 Mei 2021
  2. Tes TKA Batch II:   7 Juni 2021
  3. Tes TKBI Batch I: 20 Mei 2021
  4. Tes TKBI Batch II: 28 Mei 2021
  5. Tes TKBI Batch III: 8 Juni 2021                 (sumber :indonesia.go.id)

Komentar

News Feed