oleh

Trik Menghemat Bensin Pada Mobil Matic

-Otomotif-98 views

Min.co.id-Berikut ini adalah beberapa trik yang bisa Anda terapkan untuk menghemat bensin atau bahan bakar pada mobil matic. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Tekan Pedal Gas secara Perlahan

 

Untuk mengurangi konsumsi bahan bakar agar tak boros, Anda bisa melakukan tips dengan mengendalikan tarikan gas saat mengendarai mobil matic.

Dimana, secara teknis, Anda bisa menyesuaikan pedal gas secara perlahan ketika akan melajukan mobil.

Hal ini tentu menjadi salah satu trik yang benar-benar ideal dan pas untuk menekan laju konsumsi bahan bakar pada mobil matic itu sendiri.

Perlu untuk diketahui pada saat Anda melepas pedal rem dengan posisi tuas transmisi di D maka mobil sudah bisa meluncur maju.

Oleh sebab itu maka Anda hanya perlu menekan pedal gas dengan perlahan sebagai langkah untuk menambah kecepatan.

Dengan demikian maka aliran konsumsi bahan bakar tidak terlalu deras. Kecuali jika Anda memang ingin memperoleh akselerasi yang cukup tinggi.

Namun, disarankan bagi Anda untuk lebih menekan pedal gas secara perlahan dan bertahap saja. Karena, selain hemat BBM, tentu mesin mobil menjadi lebih awet mengingat mesin akan bekerja sesuai dengan rpm yang bekerja pada saat pedal gas diinjak.

Stabilkan Putaran/RPM Mesin Mobil

Di sisi lain, langkah terbaik untuk menjaga agar konsumsi BBM mobil matic stabil, Anda bisa mencoba untuk mengendalikan putaran mesin atau RPM.

Trik ini terbilang cukup mudah namun juga sangat efektif untuk mengurangi beban konsumsi pada mobil matic Anda.

Baik mobil manual atau pun mobil matic, tips yang paling efektif untuk menghemat konsumsi BBM yaitu dengan memperhatikan putaran mesin.

Pada umumnya, untuk mencapai efektivitas besaran tenaga yang ideal maka konsumsi BBM dan tenaga yang dihasilkan yaitu sekitar 2.500-3.000 RPM.

Namun, Anda bisa mencoba lebih rendah dari itu. Hanya saja, untuk beberapa kondisi tertentu, Anda pun bisa mencapai putaran mesin dengan maksimal rpm hingga 3.000 rpm saja untuk menekan laju penggunaan bahan bakar.

Sebab, bila putaran mesinnya lebih dari itu maka sudah pasti bahan bakar yang dibutuhkan pun akan jauh lebih banyak untuk memutar rpm mesin.

Sederhananya, semakin putaran mesin tinggi maka selaras dengan konsumsi bahan bakar yang tinggi pula.

Hindari Rem Mendadak

Kemudian, cara lain yang perlu untuk Anda perhatikan dan pertimbangkan dalam mengurangi konsumsi BBM agar lebih hemat, tentu saja Anda harus meminimalisir penggunaan rem secara mendadak.

Apalagi, saat Anda memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, tiba-tiba mobil direm secara mendadak itu malah justru akan membuat mobil matic menjadi lebih boros bahan bakar.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mengurangi penggunaan rem pada mobil matic. Dengan begitu maka Anda pun selain hemat bahan bakar tentunya juga akan hemat kampas rem.

Untuk itu, sebaiknya berkendaralah secara perlahan atau sesuai dengan tingkat kepadatan medan jalan. Jika ramai maka jaga jarak dengan kendaraan di depannya agar tidak mengerem mendadak.

Bila sepi maka Anda bisa memacu kecepatan mobil matic secara perlahan namun tetap dalam koridor berkendara yang aman.

Oleh sebab itu, sangat disarankan sekali bagi Anda yang seringkali mengendarai mobil dengan rem dadakan untuk tidak menggunakan rem dengan intensitas tinggi.

Kondisi seperti itu jika dikurangi tentu saja akan membuat kampas rem menjadi awet, bahan bakar irit, dan tentunya jauh lebih aman.

Jadi, pastikan selalu saat berkendara Anda menjaga jarak dengan kendaraan di depan agar nantinya tidak melakukan rem dadakan sehingga bahan bakar pun bisa ditekan konsumsinya dari tips berkendara mobil matic seperti ini.

Gunakan BBM dengan Kadar Oktan Sesuai

Tak sampai di situ saja, banyak orang yang beranggapan bahwa penggunaan BBM dengan kadar oktan rendah lebih bisa irit karena harganya yang relatif lebih murah.

Namun, siapa sangka, ternyata pemikiran atau anggapan seperti itu salah kaprah sekali. Karena, iritnya BBM bukan dari harganya yang murah tapi dari kualitas oktan yang terkandung di dalam BBM itu sendiri.

Disarankan untuk Anda yang memiliki mobil matic keluaran terbaru untuk menggunakan bahan bakar yang memiliki kandungan oktan tinggi. Seperti Pertamax atau Pertamax Plus.

Tentu saja, kadar oktan yang tinggi akan jauh lebih berpotensi memiliki tingkat pembakaran yang sempurna. Proses pembakaran yang bagus tentunya akan diikuti dengan tingkat konsumsi BBM yang bisa ditekan sehingga bisa dihemat secara maksimal.

Oleh sebab itu, sangat disarankan sekali bagi Anda untuk mengisi BBM dengan kadar oktan yang tinggi. Atau paling tidak sesuai dengan standar pabrik untuk menjaga agar selain bisa hemat BBM tentu bisa menjaga performa mobil matic tetap dalam kondisi ideal.

Mengingat, bahan bakar yang kadar oktannya tinggi memiliki suhu yang stabil sehingga mekanisme pembakarannya pun menjadi lebih ideal. Trik ini sangat cocok untuk Anda yang tentunya tidak bisa fokus dalam mengendalikan laju mobil. Sehingga, dengan penggunaan BBM yang tepat saja sudah bisa mengurangi konsumsi bahan bakar secara maksimal.

 

Dari berbagai uraian trik di atas, tentu saja teman-teman semua kini sudah bisa memahami apa saja yang diperlukan untuk menjaga agar mobil matic hemat BBM atau bahan bakar.

Karena, sebagaimana diketahui bahwa mobil matic saat ini meski sudah dibekali dengan teknologi yang canggih, tetap saja diperlukan suatu hal untuk menyikapi konsumsi bahan bakar yang relatif lebih boros ketimbang mobil konvensional atau bertransmisi manual.

sumber : semisena

Komentar

News Feed