oleh

Tips Merawat dan Membersihkan Jok Mobil

-Otomotif-112 views

Min.co.id-Jok mobil jika tidak dirawat maka akan cepat rusak. Bahkan, bila perawatannnya pun diterapkan secara asal-asalan, juga tetap akan membuat jok mudah mengalami masalah.

Oleh karena itu, sangat penting sekali merawat jok mobil sebagai bagian daripada interior pada mobil. Tentunya, dengan langkah perawatan yang tepat dan efektif agar tak banyak membuang-buang waktu.

Namun, terkadang tak banyak para pemilik mobil memahami pentingnya dan bagaimana cara membersihkan jok pada mobil.

Bahkan, ada yang asal-asalan saja. Padahal, jika hal ini dilakukan tanpa melihat beberapa faktor, seperti materi bahan pembuatannya, tentunya justru akan memicu banyak masalah.

Oleh sebab itu, Anda sebagai pemilik mobil harus mengenali apa saja langkah terbaik sebagai upaya dalam merawat Jok Mobil

Dimana, jok di sini adalah jok dengan bahan material kain yang menjadi salah satu model banyak digunakan pada mobil.

Selain itu, ada juga yang berbahan tenun maupun kulit. Yang mana, semua bahan material tersebut tidak bisa asal dibersihkan saja.

Agar tak banyak membuang waktu, mari kita ulas bersama bagaimana langkah-langkah yang erlu dipersiapkan untuk membersihkan jok mobil sesuai bahannya. Yuk, kita simak bersama ulasan lengkapnya.

Tips Merawat dan Membersihkan Jok Mobil

Dalam proses perawatannya, tentu salah satu aspek yang perlu dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan sekaligus memahami cara untuk membersihkan jok mobil berbahan material dari kain, tenun, dan kulit. Apa saja langkah yang perlu dilakukan? Berikut ulasan lengkapnya.

Mempersiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Jika Anda sudah punya niatan untuk membersihkan jok mobil yang menggunakan bahan kain, hendaknya Anda persiapkan dulu alat dan bahan yang diperlukan.

Beberapa bahan yang diperlukan antara lain yaitu :

  • Vaccum cleaner
  • Detergen cair
  • Ember
  • Handuk
  • Sikat lembut
  • Busa spons

Bahan dan alat untuk membersihkan jok mobil tersebut tentunya perlu untuk Anda persiapkan semua. Namun, bila tidak ada detergen cair, Anda bisa menggunakan sabun pencuci piring.

Membersihkan Jok Berbahan Kain

Langkah pertama dalam membersihkan jok yang menggunakan bahan kain adalah dengan menyedot debu dan kotoran memakai vacuum cleaner. Lakukan sampai benar-bena tidak ada dan kotoran yang menempel di permukaan jok.

Jika sudah, siapkan air hangat ke dalam ember yang sudah disiapkan. Lalu, tuangkan detergen cair atau sabun pencuci piring ke dalam ember. Aduk sampai muncul busa.

Kemudian, langkah selanjutnya, Anda masukkan spons ke dalam campuran air dan sabun tersebut, jika sudah usapkan ke bagian jok mobil yang dirasa penuh dengan kotoran.

Jangan lupa, saat Anda memasukan spons ke dalam ember berisi air tadi, usahakan untuk diperas sedikit agar air tidak menumpahi bagian jok tersebut.

Cara ini dilakukan tentu saja tak lain bertujuan supaya jok lebih cepat kering. Selesai menggosok jok mobil hingga bersih, usap menggunakan handuk yang telah dibasahi terlebih dahulu. Langkah terakhir ini dilakukan guna menghilangkan residu dari deterjen cair.

Membersihkan Jok Mobil yang Berbahan Tenun

Sementara itu, untuk cara membersihkan jok mobil yang berbahan tenun, tentu akan sedikit berbeda dengan membersihkan jok yang berbahan kain.

Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk membersihkannya. Antara lain adalah sebagai berikut.

  • Langkah pertama, Anda harus mencampurkan air dengan cairan pencuci piring terlebih dahulu ke dalam ember. Setelah itu, masukkan air campuran sabun tadi ke dalam botol penyemprot bekas yang sudah tidak terpakai.
  • Jika sudah, menginjak pada langkah berikutnya, semprotkan cairan tersebut ke jok mobil dengan jarak antara 15-20 cm dari jok. Sesekali Anda juga menggosok permukaan jok menggunakan sikat berbulu halus untuk menghilangkan noda yang membandel.
  • Bilamana sudah dirasa bersih, segera bilas bagian jok yang terkena noda dengan lap bersih yang terlebih dahulu direndam di air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan pembilasan ini sesering mungkin. Untuk mengeringkan jok, Anda bisa menggunakan kain berserat agar nantinya tidak ada air yang tersisa.

Langkah seperti di atas sudah barang tentu dilakukan untuk meminimlisir sabun menempel pada kain tenun. Setidaknya, dengan menyemprot air campuran sabun tersebut akan mengurangi resiko jok berbahan tenun.

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah sesaat setelah disemprotkan ke permukaan, segera bersihkan dalam waktu itu juga agar tidak meninggalkan residu atau bekas cairan sabun di permukaan tenun.

Karena, bila dibiarkan begitu saja maka akan mempermudah tumbuhnya jamur dan bakteri yang mungkin saja akan sangat berpotensi merusak jok mobil itu sendiri.

Membersihkan Jok yang Berbahan Kulit

Berbeda lagi dengan jok mobil yang berbahan kulit. Tentu saja, Anda harus benar-benar bisa membersihkannya dengan langkah yang tepat dan tak bisa asal begitu saja.

Bukan tanpa sebab mengingat memang tak bisa dipungkiri bilamana dibandingkan dengan dua bahan jok sebelumnya, jok mobil berbahan kulit membutuhkan perhatian ekstra untuk membuatnya tetap terlihat bersih.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membersihkan jok menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu dan kotoran partikel kecil yang menempel di permukaan jok mobil berbahan kulit ini.
  • Selanjutnya, Anda bisa membersihkan jok dengan sabun deterjen cair khusus sebagaimana yang sudah dipersiapkan tad.
  • Bila sudah, sangat disarankan untuk menggunakan kain bersih & lembut untuk mengusap setiap bagian jok pada mobil agar nantinya kotoran yang menempel bisa dengan mudah hilang seketika.
  • Menginjak pada sektor berikutnya, Anda harus membilas jok untuk menghilangkan residu detergennya. Karena, residu atau bekas detergen sangat merusak permukaan jok kulit jika mengendap terlalu lama.
  • Menginjak pada langkah terakhir, usapkan kondisioner pada jok mobil agar bahannya senantiasa terawat dan tidak cepat rusak.

Menilik dari langkah perawatan berupa pembersihan jok berbahan kulit di atas, tampaknya memang sedikit rumit ketimbang proses jok yang berbahan lain.

Wajar saja mengingat proses untuk membersihkan permukaan jok yang memiliki bahan material kulit, tentu harus menggunakan penerapan perawatan yang lebih ekstra.

Hal itu tak lepas dari sifat kulit itu sendiri. Meskipun lebih awet dan lebih nyaman tentunya jika proses pembersihannya kurang tepat maka justru akan membuat jok menjadi rusak.

Oke teman-teman, beberapa proses atau langkah pembersihan jok di atas tentu bisa Anda pelajari dan terapkan sendiri sesuai dengan bahan jok pada mobil Anda.

Sekali lagi, yang perlu diingat adalah pastikan bahan material apa yang digunakan sebagai pembuat jok pada mobil tersebut. Karena, setiap bahan memiliki proses yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Apalagi, setiap bahan memiliki karakteristik yang tentunya bila salah penerapannya justru akan membuat jomk menjadi mudah rusak. Baik yang berbahan kain, tenun, maupun kulit.

Naha, kiranya sampai di sini dulu ya teman-teman. Semoga, informasi mengenai proses merawat jok mobil sesuai bahannya di atas bisa menjadi salah satu tips yang menginspirasi buat Anda.

Sumber : semisena

Komentar

News Feed