oleh

Ini Tanda Aki Harus Segera di Ganti

-Otomotif-103 views

Min.co.id-Menjaga performa mobil tentu saja diperlukan beberapa pemahaman terkait dengan bagaimana cara pemeliharaan yang tepat.

Tentu saja, hal tersebut menjadi sebuah aspek penting yang perlu untuk Anda pahami sebagai pemilik kendaraan roda empat.

Bukan tanpa sebab mengingat dalam merawat mobil, tidak bisa asal-asalan saja. Karena, bila salah langkah justu malah bisa memicu terjadinya masalah lain.

Nah, salah satu komponen vital pada mobil adalah aki. Dimakan, komponen yang satu ini memiliki peran aktif dalam menjaga sekaligus menyuplai daya listrik.

Sayangnya, terkadang bagian ini seringkali terlupakan oleh sebagian orang. Padahal, jika aki tidak mendapat perawatan serius tentu akan mudah rusak.

Parahnya, kerusakan yang terjadi pada aki mobil pun terkadang juga tidak disadari. Entah karena tidak tahu atau memang sama sekali tidak ada gejala yang konstan.

Sebagai langkah preventif, ada beberapa informasi penting untuk Anda pahami. Yakni ciri atau tanda aki mobil harus diganti yang sudah barang tentu harus Anda kenali.

Ciri Aki Mobil yang Sudah Harus Diganti

Memang, bagi sebagian orang, tentunya belum terlalu memahami gejala yang menunjukkan jika aki mobil sudah rusak dan sudah saatnya mendapat penggantian. Maka dari itu, akan lebih baik bila Anda menyimak beberapa aspek yang jadi indikasi jika aki mobil sudah waktunya diganti.

Mobil Mulai Sering Sulit Distarter

Gejala aki mobil rusak dan harus diganti, biasanya ditunjukkan dengan sulitnya mobil distarter. Baik dalam kondisi saat mesin panas, apalagi saat cuaca dingin.

Kalau biasanya satu kali atau dua kali starter mesin sudah langsung menyala, akhir-akhir ini harus sampai tiga kali atau lebih baru bisa menyala.

Nah, kalau sudah merasakan hal itu, segera cek kondisi aki atau bahkan lakukan pergantian jika memang dirasa perlu.

Karena, bila kondisi seperti ini dibiarkan begitu saja maka sudah pasti akan justru memicu masalah yang jauh lebih serius.

Maka dari itu, Anda diwajibkan untuk lebih peka terhadap kondisi seperti starter mobil yang sulit dinyalakan seperti ini. Mengingat, itu merupakan tanda atau sinyal kuat jika aki mobil sudah rusak.

Lampu Mobil Mulai Redup

Di samping itu, gejala lain yang sangat kuat sebagai sinyal bahwa aki mobil sudah saatnya diganti adalah cahaya dari lampu mobil yang sudah mulai meredup.

Hal itu tentu saja menjadi salah satu tanda kuat jika daya yang disalurkan dari aki tidak mampu menyuplai kebutuhan power yang dibutuhkan oleh lampu pada mobil itu sendiri.

Bilamana kondis lampu redup ini sudah mulai sering dialami maka sudah jelas dan besar kemungkinan ada masalah pada aki. Bisa jadi, aki mobil sudah waktunya untuk diganti dengan yang baru.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk membawa mobil ke bengkel khusus aki guna dilakukan pemeriksaan atau pengecekan secara lebih detail supaya letak masalahnya bisa diketahui.

Karena, meredupnya lampu mobil secara tiba-tiba dan stagnan (redup stabil) maka potensi besar jikalau masalahnya ada pada suplai daya aki itu sendiri yang sudah tak mampu menjamin kebutuhan tenaga dari lampu mobil.

Bila memang sudah fix demikian adanya, jangan tunggu lama. Segera ganti dengan aki mobil yang masih baru dan original.

Sebab, bila tak segera diganti maka sistem kelistrikan lain pada mobil dikhawatirkan juga akan turut mengalami masalah yang lebih parah.

Suara Klakson Tidak Senyaring Biasanya

Siapa sangka, tanda lain yang umumnya seirngkali tidak disadari sebagai sinyal jika aki mobil tekro dan perlu diganti adalah pada bagian suara klaksonnya.

Dimana, bila suara klakson sudah mulai tidak senyaring biasanya maka itu menjadi sebuah indikasi kuat jika ada masalah pada aki mobil.

Apalagi, jika kerusakan pada klakson mobil ini bersamaan dengan lampu mobil yang mulai meredup secara stagan.

Sudah barang tentu kondisi itu menunjukkan atau mengindikasikan kuat bila aki mobil tak bisa diperbaiki lagi, namun sudah perlu untuk dilakukan penggantian yang lebih baru dan original.

Jadi, sebaiknya Anda harus lebih bisa memahami bagaimana kondisi klakson mobil sebagai upaya untuk mengenali adanya masalah pada aki.

Sistem Kelistrikan Interior mulai Tidak Lancar

Kemudian, gejala lain yang sudah barang tentu jadi sinyal adanya masalah pada aki mobil adalah kondisi dimana sistem kelistrikan pada bagian interior sudah mulai tidak lancar atau tidak bisa dioperasikan sebagaimana mestinya.

Hal ini tentu tak bisa dilepaskan dari pengaruh kondisi aki itu sendiri yang memang sudah tidak mampu menyuplai kebutuhan daya atau tenaga pada sistem ruang kelistrikan interiornya.

Bukan tanpa sebab mengingat dalam soal ini, memang untuk sistem operasional kelistrikan pada aki sangat dibutuhkan di dalam fitur-fitur interior yang sangat kompleks.

Jika memang benar demikian maka Anda harus mewaspadai bahwa memang kondisi aki mobil sudah mulai soak dan tidak bisa diperbaiki. Sehingga mau tak mau harus segera diperbaiki.

Tindakan yang Perlu Dilakukan Bila Tanda Kerusakan Aki Muncul

Setelah memahami berbagai gejala di atas, tentu saja ada beberapa aspek yang perlu untuk Anda lakukan sebagai upaya lanjutan.

Salah satunya dengan mengingat-ingat kembali kapan terakhir kali melakukan penggantian aki. Jika sudah lama sekali bahkan sampai 2 tahu lebih maka gejala seperti di atas memang tertuju pada kerusakan di bagian aki mobil.

Akan tetapi hanya saja bilamana gejala yang timbul tersebut tak lama setelah aki diganti maka sudah barang tentu bukan serta akinya yang bermasalah. Melainkan tak menutup kemungkinan bahwa sistem kelistrikan pada mobil yang terhubung dengan aki juga turut menjadi masalah.

Tak sampai di situ saja, untuk memastikan apakah benar-benar akinya bermasalah, cobalah untuk melakukan pengecekan indikator yang terdapat pada aki untuk memastikan.

Bila pada indikator tampak warna merah maka aki memang sudah soak, sedangkan di sisi lain, untuk warna putih merupakan tanda aki butuh charge, dan warna biru menunjukkan aki masih dalam kondisi prima.

Itu semua merupakan langkah lanjutan yang perlu Anda pahami dan terapkan setelah mengalami berbagai kondisi yang mengisyaratkan bilamana ada masalah pada aki mobil yang sudah sepatutnya untuk diganti.

Oke teman-teman sekalian, tampaknya beberapa penjelasan di atas mengenai berbagai gejala maupun indikasi jika mobil sudah seharusnya diganti, sudah barang tentu menjadi salah satu informasi berharga yang patut Anda pahami sekaligus pertimbangkan secara matang.

Tentunya, itu tak lepas dari berbagai kemungkinan yang bisa saja terjadi sebagai dampak atau akibat dari keterlambatan Anda dalam mengganti aki mobil. Maka dari itu, sebagai upaya dalam mencegahnya maka tanda kerusakan oli seperti ini harus diwaspadai dan jangan dihiraukan begitu aja.

Semoga, informasi mengenai tanda oli mobil sudah harus diganti tersebut bisa menambah referensi Anda dalam soal perawatan sistem kelistrikan pada aki mobil.

Sumber : semisena

Komentar

News Feed