oleh

Beri Arahan Bhabinkamtibmas, Kapolres Kobar Tekankan Netralitas Dalam Pilkada

-News-41 views

Min.co.id- Kobar – Bhabinkamtibmas merupakan salah satu garda terdepan dalam konsep pemberdayaan keamanan di wilayah. Bintara polisi yang ditempatkan di desa ini, sehari-hari berkutat di pedesaan dan bertugas membina masyarakat terkait dengan pemeliharaan kemanan dan ketertiban masyarakat.

Berangkat dari peran strategis tersebut, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo melalui Kapolres Kotawaringin Barat (Kobar) AKBP Devy Firmansyah secara khusus memberikan arahan kepada bhabinkamtibmas jajarannya di Aula Satya Haprabu Polres Kobar, Jumat (6/11/2020) pukul 10.30 WIB.

Kegiatan arahan tersebut dihadiri oleh Kasatbinmas Polres Kobar Iptu Sayem dan 60 bhabinkamtibmas jajaran Polres dan Polsek.

Devy mengatakan, dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Bhabinkamtibmas memiliki partnership yang terdiri dari 3 pilar yakni Kepala Desa dan Babinsa. Sebagai pioner dalam bidang Kamtibmas, seorang Bhabinkamtimas wajib mengetahui segala permasalahan di desa binaan termasuk didalamnya adalah sumberdaya manusia, sumberdaya alam termasuk potensi konfil maupun gangguan Kamtibmas yang menyertainya.

“Tidak semua permasalahan harus diselesaikan dengan mekanisme hukum. Disini peran Bhabinkamtibmas dibutuhkan sebagai perangkat problem solving bersama unsur 3 pilar,” jelas Devy.

Selain itu, menjelang Pilkada 2020 ini, setiap personel bhabinkamtibmas agar lebih peka dan buka mata serta telinga terkait perkembangan situasi kamtibmas di lapangan. Sehingga apabila timbul kejadian menonjol agar dapat diredam sedini mungkin.

“Lakukan mapping kerawanan sehingga setiap permasalah yang muncul dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat, selaras dengan tujuan Kamtibmas kondusif,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Polres Kobar ini juga menyinggung tentang tren kejahatan saat ini yang berbasis teknologi yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana. Pihaknya meminta agar Bhabinkamtibmas aktif melakukan tatap muka dan bersinergi dengan tokoh masyarakat untuk memberikan edukasi bijak bermedia sosial.

“Tugas utama Bhabinkamtibmas terletak pada pola preemtif dan preventif atau pencegahan. Lakukan sambang tokoh, sambang masyarakat, tatap muka, ikut pengajian sehingga Bhabinkamtibmas sebagai miniatur Polri hadir ditengah masyarakat,” tandasnya. (dns)

Komentar

News Feed