Kapolda Jatim Gandeng AMSI Tangkal Berita Hoaks

Min.co.id-Jatim-Makin maraknya informasi bohong atau hoaks di media sosial menjadi perhatian serius Kapolda Jatim, Irjen Pol Muhammad Fadil Imran. Selain melakukan upaya patroli siber, Kapolda Jatim juga menggandeng Aliansi Media Siber Indonesia (AMSI) Jatim dalam menangkal berita hoaks.
“Kami bersama AMSI tentunya menjalin kerjasama dalam memerangi berita hoaks yang mungkin saja bisa terjadi di Jawa Timur. Terutama berita hoaks masalah agama yang bisa membuat perpecahan antar umat beragama di Indonesia,” kata Kapolda, Senin (19/10/2020).
Selain itu, Fadil juga mengajak pengurus AMSI Jatim berdiskusi tentang bagaimana menurunkan kasus pandemi Covid-19 di Jawa Timur. “Alhamdulillah, sampai saat ini tingkat penyebaran Covid-19 di Jatim sudah mengalami penurunan drastis. Sehingga semua harus saling sinergi dan saling menjaga kesehatan bersama,” jelasnya.
Ke depan, Kapolda juga berharap agar Polri dan AMSI bisa kerjasama untuk memberikan berita berita yang baik agar Jawa Timur bisa lebih baik. “Berita yang baik kan bisa membuat aman, sejuk dan damai untuk masyarakat Jawa Timur,” ujarnya.
Ketua AMSI Jatim, Arif Rahman menyatakan, pihaknya membuka ruang dan kerjasama serta perlu ada kolaborasi antara media siber dengan Polri dan pemerintah. “Kami juga tidak bisa bekerja sendiri, apalagi saat kondisi Pandemi Covid-19. Sehingga perlu ada kerjasama dan kolaborasi,” ungkapnya.
Asosiasi Media Cyber Indonesia (AMSI) Jawa Timur sendiri saat ini sudah menjadi konstituen Dewan Pers. Karena saat ini banyak sekali muncul media-media online. Sehingga kedepan, lanjut dia, AMSI juga akan dilibatkan untuk melakukan verifikasi media siber di Jawa Timur, karena jumlahnya cukup banyak, bahkan mencapai puluhan ribu. (afr/s)
Sumber : kominfo jatim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *