oleh

Apel Kehormatan dan Renungan Suci, Ajak Masyarakat Teladani Pahlawan

-News-139 views

Min.co.id-Jateng-Apel Kehormatan dan Malam Renungan Suci digelar dengan khidmat di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal Semarang, Senin (17/8). Meski dilaksanakan sederhana dengan jumlah personil, namun tidak mengurangi kesakralan pelaksanaan kegiatan tersebut.

Upacara yang merupakan bagian dari memperingati Hari Kemerdekaan ke-75 Indonesia ini digelar tepat pukul 00.00 WIB dengan menggunakan nyala api obor sebagai sumber pencahayaan.

Apel Kehormatan dan Malam Renungan Suci dipimpin oleh Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari. Hadir pula dalam upacara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kapolda Jateng dan sejumlah pejabat penting lainnya.

Saat membacakan naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci, Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari mengatakan bahwa perjuangan para pahlawan tidak akan pernah terlupakan. Mereka akan selalu dikenang oleh bangsa dan selalu diberikan penghormatan.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengajak seluruh masyarakat meneladani para pahlawan saat menghadapi Pandemi COVID-19. Penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan tidak boleh dilupakan.

“Sebagai generasi muda, kita harus memberikan penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan. Tidak boleh kita melupakan jasa-jasanya,” kata Ganjar.

Tak hanya para pahlawan yang gugur saat melawan penjajah, saat ini banyak pula pahlawan yang gugur dalam menghadapi Pandemi COVID-19.

“Kalau hari ini ada pandemi, ingatlah dulu waktu para pahlawan ini berjuang, banyak diantara mereka sampai gugur. Hari ini, banyak pahlawan kesehatan kita yang juga gugur. Kita harus memberikan penghormatan pada mereka,” ucapnya.

Ganjar juga mengajak seluruh masyarakat berjuang mengisi kemerdekaan saat ini. Banyak hal yang bisa dilakukan, seperti menjadi pahlawan yang mengurusi urusan sosial, ekonomi dan lainnya.

“Dan itulah yang harus menjadi semangat kita. Agar kita tidak pernah berhenti,” tutupnya.(rls)

Komentar

News Feed