oleh

Pentingnya Mindset IT Saat Pandemi Covid-19

-News-139 views
Min.co.id-Jatim-Di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini menjadikan teknologi informasi (IT) sebagai salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Pasalnya segala aktivitas masyarakat mulai dari belanja, pertemuan, hingga proses pembelajaran dilakukan secara daring/virtual.
Tetapi sayangnya, di Indonesia belum semua masyarakat siap dan bisa memanfaatkannya dengan baik kondisi tersebut. Untuk itu, Dosen zuniversitas Dinamika Surabaya (Undika/STIKOM) Surabaya, Pantjawati Sudarmaningtyas, mengungkapkan perlunya menanamkan pola pikir IT kepada masyarakat.
Menurutnya, teknologi informasi dapat membantu masyarakat melakukan perkerjaan dengan optimal dan lebih efisien.
“Menanamkan mindset tersebut tidaklah mudah. Karena kita kadang merasa IT kurang tepat saat belajar maupun berinteraksi, padahal melalui teknologi informasi bisa lebih efisien,” ujar Dosen Sistem Informasi Universitas Dinamika Surabaya, dalam rilisnya, Senin(20/07/2020).
Agar masyarakat dapat menggunakan IT dengan mudah, Perempuan yang akrab disapa Pantja ini membagikan beberapa tips-nya.
Pertama masyrakat harus menyadari bahwa teknologi adalah dua mata pisau yang bisa bersifat positif dan negatif. Hal tersebut sesuai dengan pemanfaatan teknologinya, yang hanya digunakan untuk hiburan atau untuk belajar dan bekerja.
Pantjawati menjelaskan masyarakat harus bijak, disiplin, dan menentukan prioritas kegiatannya. Sehingga ketika sudah memegang gadget tidak terlena untuk bersosmed, main game atau hiburan belaka.
“Tapi ini semua butuh pembiasaan dan keperayaan agar orang-orang bisa menggunakan IT. Jadi bagaimana seseorang bisa menggunakan e-commerce jika orang-orang tidak percaya? Jadi ini memang butuh edukasi,” tuturnya
Maka dari itu, Pantja berpesan kepada masyarakat agar berhati-hati dalam menggunakan teknologi informasi. Karena jejak digital itu terekam selamanya dan dapat diakses oleh banyak orang.
Ia juga berharap dengan kemudahan akses informasi ini tidak melunturkan budaya bangsa.”IT atau gadget ini juga penting diatur agar sebisa mungkin bisa memperkenalkan budaya dalam negeri. Sehingga generasi muda bisa mengetahui budaya Indoensia, pastinya harus dikemas dengan menarik,” pungkas Pantjawati.(ryo/s)

Komentar

News Feed