Ramadhan, Saatnya Khatam Al-quran

Min.co.id-Majalengka-Bupati Majalengka, DR H Karna Sobahi MMPd mengungkapkan Ramadan kali ini, sangat jauh berbeda dengan Ramadan sebelumnya. Dikatakan Bupati Karna, pandemi covid-19 telah menyebabkan porak porandanya semua agenda kehidupan masyarakat. Tak terkecuali ibadah Ramadan.

Dengan protokol covid-19 ini, beber Bupati Karna, warga banyak berdiam di rumah, menghindari kontak fisik dan tidak berkerumun. “Jadi sekarang aktivitas saya, disamping tetap melaksanakan tugas di kantor sebagai pelayan masyarakat, dalam Ramadan banyak melaksanakan tadarusan dengan keluarga dan pegawai di Pendopo Bupati. Insya Allah ingin beberapa kali khatam Al-quran di Ramadan tahun ini,” kata Bupati Karna. (Radar Majalengka, 30/4/2020)

Al-quran merupakan kitab suci umat Islam sebagai pedoman dalam hidup kita, juga solusi dalam semua permasalahan kehidupan. Tentunya sebagai umat Muslim harusnya kita memperbanyak amalan seperti salah satunya adalah dengan membaca Al-quran. Al-quran memiliki 30 Juz dan dari setiap Juz terdiri dari 10 lembar yang artinya masing-masing Juz memiliki 20 halaman.

Setiap umat Muslim pastinya pernah membaca Al-quran. Mengkhatamkan Al-quran banyak diharapkan setiap umat Muslim. Terlebih lagi di bulan suci Ramadan. Bulan dimana kita berlomba-lomba memperbanyak ibadah dan amalan shaleh.

Sahabat, mengkhatamkan Al-quran di bulan suci Ramadan juga sangat di harapkan setiap umat Muslim. Karena semua itu belum dapat terlaksana, di bulan lainnya, kebanyakan alasan yang selalu muncul adalah karena sibuknya bekerja dan kegiatan di luar sehingga tidak ada waktu untuk membaca Al-quran. Namun Ramadan kita tahun ini berdiam di rumah, maka sangat bisa untuk kita bisa mengkhatamkan al-quran berkali-kali malah.

Sahabat, mengkhatamkan Al-quran memang tidak harus di bulan Ramadan saja. Namun alangkah baiknya apabila di bulan Ramadan dapat memperbanyak amalan shaleh seperti memperbanyak membaca Al-quran. Bicara soal tidak ada waktu luang, Insya Allah apabila niat pasti akan terlaksana.

Lantas bagaimana cara mengkhatamkan Al-quran? Berapa kali waktu yang dibutuhkan untuk mengkhatamkan Al-quran? Berikut ini ada 7 tips yang bisa kita terapkan bagaimana cara mudah mengkhatamkan Al-quran dalam sebulan.

1. Membuat target 1 hari dapat menyelesaikan 1 Juz sehingga 30 Juz dapat diselesaikan sebanyak 30 hari.

2. Setiap shalat 5 waktu, dalam satu waktunya sempatkan untuk membaca Al-quran sebanyak 2 lembar atau 4 halaman.

3. Dapat dicoba dengan membaca Al-quran sebelum dan sesudah Shalat masing-masing 2 lembar atau 4 halaman.

4. Isi waktu luang kita dengan sedikit-sedikit membaca Al-quran namun kontinyu maka Insya Allah akan khatam dalam sebulan.

5. Membuat catatan pada diri sendiri dengan setiap sebelum shalat 4 halaman dan sesudah shalat 4 halaman.

6. Yang terpenting adalah niat dari hati jika ingin mengkhatamkan Al-quran dalam sebulan.

7. Memastikan target yang ingin dicapai harus terlaksana.

Jika kita ingin mengkhatamkan Al-quran sebanyak dua kali dalam sebulan, kita tinggal membaca sebanyak 4 lembar dalam setiap waktu shalat seperti 4 lembar dibaca setelah shalat shubuh, 4 lembar dibaca setelah shalat dzuhur, 4 lembar dibaca setelah shalat ashar, 4 lembar dibaca setelah shalat maghrib dan 4 lembar dibaca setelah shalat isya.

Atau mungkin kita ingin mengkhatamkan Al-quran sebanyak tiga kali? Tentu saja bisa. Kita hanya perlu menambah berapa banyak halaman yang dibutuhkan dalam setiap kali shalat. Misalnya 3 lembar sebelum shalat dan 3 lembar setelah shalat.

Jadi total yang dibaca dalam 1 kali waktu shalat adalah 6 halaman. Apabila ditambah 5 waktu shalat maka totalnya per hari anda dapat membaca sebanyak 30 halaman.

Mengkhatamkan Al-quran juga merupakan anjuran Nabi Muhammad SAW, walau kebanyakan ulama berpendapat bahwa membaca Al-quran tidak ada batasan hari, semua tergantung kekuatan dan semangat yang dimiliki setiap orang dan itu berbeda-beda. Lalu tunggu apalagi, yuk kita baca Al-quran!

Tawati
(Muslimah Pelita Revowriter Majalengka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *