Kapolsek Karangampel Kawal Pendistribusian Bantuan Pemprov Jabar

Min.co.id-Indramayu-Jajaran kepolisian Sektor Karangampel Polres Indramayu melakukan kegiatan pengamanan dan monitoring pendistribusian paket bantuan dari pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat Kepada Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19 Tahap 1 Bulan April Tahun 2020. Selasa, (28/04/2020).

Bantuan dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat tersebut berupa paket sembako senilai Rp.350.000,- (tiga ratus lima puluh ribu rupiah) dan uang tunai sebesar Rp150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah) per KRTS (Kepala Rumah Tangga Sasaran).

Adapun isi paket sembako tersebut, Beras 10 Kg, Makanan Kaleng 4 Buah, Gula 1 Kg, Minyak Goreng 2 Liter, Terigu 1 Kg, Vitamin C 1 Paket, Mie Instan 16 Bungkus, dan telur sebanyak 30 Butir.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, dikawal oleh 11 Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Karangampel , Koramil 1608/ Karangampel 11 Anggota Babinsa, dan Sat Pol PP Kecamatan Karangampel 2 Pers.

Adapun petugas pengantar dari Kantor Pos Cabang Karangampel yaitu sebanyak 4 orang pengantar terdiri dari 1 orang Ojol dan kurir dari Kantor Pos Karangampel 3 orang. sistem pendistribusiannya yaitu paket bantuan langsung diberikan ke rumah KRTS (Kepala Rumah Tangga Sasaran).

Kapolsek Karangampel Kompol Heriyadi, MD, S.H., melalui Paur Subbag Humas Polres Indramayu IPDA Sukenda mengatakan, Dalam pelaksanaan kegiatan pendistribusian paket bantuan dari Pemda Prov. Jabar kepada KRTS, kiranya perlu dilakukan pengawalan dan monitoring dari pihak Kepolisian dengan mengedepankan Unit Bhabinkamtibmas, karena tidak menutup kemungkinan hal tersebut dapat menimbulkan kecemburuan sosial bagi masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan, sehingga tidak menutup kemungkinan masyarakat yang tidak mendapat bantuan akan melakukan aksi protes dan atau aksi spontanitas merebut paket bantuan sembako saat dibawa oleh petugas Kantor Pos dan Gojol, terangnya

Sambungnya, Dilain pihak dalam hal ini perlu peranan aktif aparatur pemerintah desa untuk mensosialisasikan kepada masyarakatnya terkait dengan masih adanya beberapa bantuan tahap selanjutnya yang akan diberikan baik oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah kepada warga masyarakat dalam rangka membantu pemenuhan kebutuhan pangan di tengah pandemi wabah COVID-19 yang terjadi pada saat ini.

“Dijelaskan Kapolsek,  73 paket sembako kepada 73 KK penerima manfaat di 4 Desa, dengan rincian : Desa Tanjungsari 6 KK, Desa Pringgacala 10 KK, Desa Benda 14 KK, Desa Karangampel kidul 43 KK”

Lebih lanjut, Rencananya jumlah paket bantuan yang akan didistribusikan oleh Kantor Pos Cabang Karangampel sebanyak 73 Dus yaitu untuk masyarakat wilayah Kecamatan Karangampel. Namun demikian pada pelaksanaannya tidak bisa dilakukan secara maksimal, dikarenakan KRTS yang menerima bantuan sedang tidak ada di rumah dan tidak boleh diwakilkan sehingga harus menunggu yang bersangkutan datang atau Petugas Kantor Pos memerintahkan yang bersangkutan untuk langsung mengambil ke Kantor Pos Cabang Karangampel. Selain itu juga masih ditemukan adanya ketidakvalidan data yakni antara nama dengan NIK berbeda, sehingga bantuan tersebut tidak langsung begitu saja diberikan kepada KRTS tersebut. jelasnya. (N.T/Sol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *