Hari Natal, Tol Cikampek Didominasi Kendaraan Masuk Jakarta

Min.co.id-Karawang-Hari libur Natal 2019 banyak dimanfaatkan masyarakat untuk mudik dan berlibur ke kampung halaman bersama keluarga. Hal ini terpantau masih banyaknya kendaraan dari Jakarta menuju Jawa Timur atau Bandung melintas di Tol Cikampek.

Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin yang memantau langsung kondisi lalu lintas di sekitar tol Cikampek mengatakan gerakan kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah dan Bandung masih cukup tinggi, sehingga tadi pagi terjadi perlambatan di sekitar KM 48 A yang mengarah ke Timur.

“Disini kita sempat melakukan contraflow pada pagi hari, sekitar 1-2 jam untuk mencairkan kendaraan yang menuju ke timur akibat pertemuan Japek Elevated dan jalan utama. Kemudian ada perlambatan lagi KM 50 dan KM 57 adanya rest area, selepas itu lalu lintas lancar,” kata Kabagops, Rabu (25/12/2019).

Sekitar jam 12.00 wib, arus lalu lintas sudah kembali normal, berkat kesigapan para petugas yang langsung melakukan rekayasa contraflow dan buka tutup pada pertemuan tol Elevated dan jalan utama.

“Sore ini sekitar pukul 15.00 wib, kendaraan sudah terlihat dari timur yang akan menuju ke Jakarta sudah dominan, terlihat pada KM 48 B kendaraan mulai ramai, baik yang akan melewati Elevated ataupun jalan utama,” ungkap Kabagops.

Kabagops mengatakan bahwa besok petugas masih siap untuk mengamankan kendaraan yang akan menuju ke timur dan selatan, maupun yang masih akan kembali ke Jakarta.

Untuk libur Tahun Baru 2020, Kabagops memprediksi tidak ada kepadatan, karena masyarakat biasanya mengambil liburan jarak dekat seperti Cirebon, Bandung dan sekitarnya.

“Untuk Tahun Baru konsentrasi pengamanan pada titik lokasi wisata. Mudah-mudahan weekend ini hingga Tahun Baru tidak terjadi kepadatan. Namun jika itu terjadi, kami siap mengantisipasi hal itu,” jelas Kabagops. (red/ntmc)

Komentar

News Feed