Bangun Desa dengan Mengangkat Potensi Lokal

Min.co.id-Subang-Bertempat di Lapang Panaruban Kabupaten Subang, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat H. Dedi Supandi S.STP, M.Si tadi pagi (Selasa, 15/10/2019) membuka secara resmi pelatihan Patriot Desa.

Dalam sambutannya dirinya menjelaskan Pelatihan Patriot Desa ini dilaksanakan dari tanggal 14 Oktober – 28 November 2019, dengan jumlah peserta yang mengikuti Pelatihan Patriot Desa ini sebanyak 110 orang.

Dirinya mengajak kepada para peserta Pelatihan Patriot Desa untuk bersungguh-sungguh untuk mengikuti Pelatihan Patriot Desa ini.

“Kalian merupakan yang terbaik diantara yang baik, sudah memasuki tahapan seleksi yang sangat panjang. Saat ini indeks pedesaan Jabar masih dibawah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Mari kita bersama-sama membangun Desa yang ada di Jawa Barat dengan memanfaatkan potensi yang ada di Desa,” ajak dirinya kepada peserta.

Dalam pelatihan Patriot Desa selama 45 hari ini di isi dengan beberapa kompetensi diantaranya kompetensi Kejuangan, Kompetensi Keikhlasan, Kompetensi Kerakyatan dan Kompetensi Keteknisan

Program Patriot Desa Jawa Barat merupakan bagian dari One Village One Company dalam rangka merintis BUMDes berbasis potensi desa. Untuk mencapai peningkatan kapasitas kelembagaan masyarakat, kehidupan sosial budaya dan pengembangan partisipasi serta keswadayaan masyarakat, program Patriot Desa menghadirkan pemuda-pemudi yang akan menjadi fasilitator lapangan yang bertugas melaksanakan pendampingan dengan skema live-in di desa-desa penempatan yang belum memiliki BUMDes yang aktif. (Red/Ndra)

Komentar

News Feed