Min.co.id-Indramayu-PT KAI (Persero) melakukan perubahan besar pada pelayanan kereta api sejak tahun 2019 lalu kini terus bergerak cepat dalam berinovasi dan menghasilkan berbagai kemajuan sampai masyarakat memberikan apresiasi. Pasalnya peningkatan pelayanan tak hanya sebatas pada angkutan penumpang dan barang, tidak hanya itu PT KAI juga memberikan perhatian kepada masyarakat Haurgeulis melelui program Corporate Social respnsibility, dengan memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat di sekitar jalur rel dan stasiun KA.PT KAI mengoprasikan Rail Clinic atau kereta kesehatan di stasiun Haurgeulis Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu, Kamis.(10/10/2019).
Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Luqman Arif mengatakan, acara CSR yang melibatkan sarana khusus Rail Clinic ini, sudah menjadi agenda rutin setiap tahun di wilayah kerja PT KAI Daop 3 Cirebon sejak tahun 2016 yang lalu.
“Dengan Rail Clinic diHaurgeulis dalam memberikan pelayanan kesehatan gratis mudah mudahan bermanfaat bagi warga di sepanjang rel dan stasiun Haurgeulis,” Kata Luqman.
Menurutnya, sebanyak 350 masyarakat dari desa Haurgeulis, cipancuh, mekarjati dan sukajati untuk mendapatkan pelayanan pengobatan gratis kami mulai pukul 08.00 s/d 14.00 di dalam Rail Clinic yang sengaja dihadirkan di stasiun Haurgeulis.
“Masyarakat akan mendapatkan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama serta penyuluhan kesehatan, PT KAI Daop 3 menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari 4 dokter umum, 2 dokter gigi, 1 dokter spesialis kandungan, 2 bidan, 3 apoteker, 2 petugas lab dan 15 paramedis”. ungkapnya.
Pada kegiatan yang sama,PT KAI Juga memberikan alat bantu penglihatan berupa kacamata gratis untuk 50 siswa/i SD.pembagian kacamata diberikan kepada siswa yang sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan mata.selain pembagian kacamata, PT KAI Daop 3 Cirebon juga mengundang siswa/i SDN Haurgeulis, SDN Cipancuh, SDN Kubangsari dan SDN Karang tumaritis untuk mendapatlan penyuluhan kesehatan gigi serta pengetahuan keselamatan perkeretaapian.
“Semoga dengan adanya layanan Rail Clinic generasi ke-4 di stasiun Haurgeulis ini dapat membatu meningkatkan kesehatan dan minat baca masyarakat sekitar,”
Dalam akhir kegiatan PT KAI juga menghimbau kepada masyarakat agar turut serta menjaga keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api demi kelancaran mobilitas masyrarakat di Haurgeulis khusunya.
“Dengan adanya kegiatan bakti sosial ini juga bisa menjadi ajang mempererat tali silaturahmi antara PT KAI, pemda Indarmayu dan masyrakat sekitar jalur Kereta Api, sehingga bisa terjalin kerjasama dan komunikasi yang harmonis dalam memajukan transportasi massal berbasis rel.”Harapannya.(Alen)