oleh

Perhutani KPH Madura Dukung Kegiatan Bersih-Bersih Sungai

-News-144 views

Min.co.id-Madura-Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madura belum lama ini turut mendukung kegiatan bersih-bersih sungai kerjasama dengan Siswa Pencinta Alam (Sispala) Arjuna Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pamekasan dan Forum Relawan Peduli Banjir (FRPB).

Administratur KPH Madura Rumhayati dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/10) mengatakan, kegiatan sapu bersih sampah berserakan (saber-saber) sungai dan jalan ini dilangsungkan di Kelurahan Kowel Kecamatan Kota Pamekasan.

“Kami sangat mendukung kegiatan bersih bersih sungai yang diinisiasi Sispala MAN 1 Pamekasan. Kegiatan ini untuk mengantisipasi kemungkinan banjir pada musim penghujan nanti,” tuturnya.

Menurutnya, kebersihan lingkungan bukan tanggung jawab pemerintah saja melainkan tanggung jawab bersama. “Perlu adanya penanaman pohon disepanjang bibir sungai, sehingga bisa berfungsi untuk menahan longsoran tanah,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Sispala Arjuna MAN 1 Pamekasan, Habibur Rahman mengatakan, kegiatan ini diikuti kurang lebih 1000 peserta yang berasal dari beberapa komunitas, Instansi Pemerintah dan masyarakat di sekitar kelurahan Kowel.

Rahman juga menambahkan, di Keluran Kowel ada dua titik timbunan sampah  yang jumlahnya sekitar 20 hingga 30 kubik yang berserakan di pinggir sungai dan jalan. Dalam kegiatan itu, ia juga menghimbau setelah pembersihan ini tidak ada lagi sampah yang berceceran di sepanjang sungai dan jalan. (hjr)

Komentar

News Feed