oleh

Bupati Garut Rudy Gunawan Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Min.co.id-Garut-Pancasila adalah ideologi diseluruh tingkatan pemerintahan Republik Indonesia, khususnya di Garut tidak ada ASN yang tidak berpacasilais karena salah satu dari komitmen kita adalah menegakan pancasila dan UUD 1945 dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan.

Demikian dikatakan Bupati Garut H. Rudy Gunawan selaku inspektur upacara pada acara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di lapangan Sekretariat Daerah kabupaten Garut, Selasa (1/10/2019).

Ditambahkan Rudy, Aparatur sipil Negara yang tidak menjadi ideologi negara, maka yang bersangkutan bisa dinyatakan dipecat dari Pegawai Negeri Sipil, silahkan baca PP 53 tahun 2010, tegasnya.

Bupati mengingatkan, para Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk Bupati dan wakil Bupati meskipun jabatan politik, ketika telah menjadi kepala daerah dan wakil kepala daerah harus komitmen kesetiaan tegak lurus kepada presiden RI.

“Kita tidak boleh ikut apapun, berpolitik, melakukan dan menggunakan hak kita sebebas-bebasnya. Kita adalah Aparatur sipil Negara yang mempunyai kode etik pegawai negeri sipil, dan grafik-grafik struktural tertinggi di Garut adalah pembina kepala daerah yaitu Bupati, di provinsi Jawa Barat adalah Gubernur dan Nasional adalah Bapak Presiden RI,” ungkapnya.

“Jadi laksanakan tugas kita selaku aparat sipil negara melaksanakan fungsi-fungsi pemerintahan dan DPRD serta mengabdikan diri kepada masyarakat serta tulus ikhlas, tentunya harus profesional,” tegasnya.

Bupati berharap, kedepan nilai-nilai pancasila harus dijadikan dan implementasikan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. “Ayo kita tingkatkan pengabdian kita kepada masyarakat, bangsa dan negara,” ajaknya.

Menurut Bupati Rudy, di hari Kesaktian Pancasila ini menjadi momen penting untuk lebih menghormati dalam kebhinekaan yang saat ini mulai tergerus di jaman era globalisasi.

”Saling menghormati antar suku, agama, budaya dan adat istiadat yang ada di negara Indonesia merupakan satu pengamalan terhadap Pancasila, kita patut bersyukur dasar – dasar Pancasila bisa mempersatukan perbedaan, kikis habis faham – fahar radikalisme yang akan merusak keutuhan persatuan bangsa ini,” kata Bupati Garut.

Dikatakan Bupati, Garut sebagai bagian dari bangsa ini harus turut dalam membangun peradaban yang unggul dengan menunjukan karakter dan jati diri orang Garut yang selalu menghargai perbedaan menjadi satu kesatuan yang utuh seperti nilai–nilai kebhinekaan yang terkandung di butir–butir Pancasila.

”Dengan mengusung tema ”Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia” mengingatkan kita bahwa Pancasila bukan hanya sebatas ideologi saja, tetapi merupakan sebuah rumusan bagaimana bangsa Indonesia memiliki ciri jatidiri sebagai bangsa yang mengedepankan kebersamaan, musyawarah dan gotong royong dalam mewujudkan bangsa yang berkeadilan bagi seluruh bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Diakhir acara, Bupati Garut H. Rudy Gunawanberkesempatan  menyerahkan SK kenaikan pangkat kepada 304 PNS dilingkungan Pemkab Garut yang diserahkan secara simbolis kepada Pengemudi Mobil Kebakaran Dinas Kebakaran, Pengelola Pengujian Kendaraan Dinas Perhubungan, Petugas Lapangan Dinas Lingkungan Hidup, Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Tarogong Kidul, Guru Pertama SDN Pakuwon I, Pengumpul dan Pengolah Data RSUD dr Slamet, Camat Pameungpeuk, Kabid Pembendaharaan BPKAD, Kabid Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD.(humasgarut)

Komentar

News Feed