Jajaran Anggota Polres Purwakarta Siap Mengamankan Kedatangan Wapres RI KH. Mar’uf Amin

Min.co.id-Purwakarta-Ratusan personel gabungan mengamankan kedatangan Wakil Presiden terpilih KH Maruf Amin yang melakukan kunjungan ke Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Setidaknya sebanyak 707 personel gabungan diterjunkan terdiri dari personel Polri dari Polres Purwakarta sebanyak 415 personel, 25 personel dari Polda Jabar, 187 personel TNI, serta Satpol PP, Dishub serta Damkar sebanyak 80 personel.

Kapolres Purwakarta AKBP Matrius mengatakan dalam mengamankan kedatangan Wapres terpilih KH Maruf Amin, ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Pengamanan pertama tentu siapa yang menjadi objek yang diamankan, kemudian lokasi, benda, seperti kendaraan yang digunakan objek maupun kendaraan pendukungnya.

Kemudian memberikan pengamanan kepada seluruh kegiatan yang akan diikuti dari objek selama ada di Purwakarta.

“Jadi selain KH Maruf Amin, kita juga harus melakukan pengamanan tempat-tempat yang bakal beliau kunjungi, kendaraan yang digunakan hingga memberikan pengamanan jalur lalulintas yang akan digunakan,” kata Kapolres Purwakarta AKBP Matrius saat memberikan arahan saat Apel Bersama personel pengamanan di Masjid Tajug Gede Cilodong, Purwakarta, Jum’at (20/9/2019).

Kapolres juga meminta untuk mengantisipasi adanya pergerakan maupun penumpukan massa di lokasi-lokasi yang akan dikunjungi KH Maruf Amin.

Selain itu, Kapolres juga memerintahkan untuk melakukan antisipasi adanya spanduk serta poster ujaran kebencian dan sejenisnya, adanya aksi unjuk rasa yang tiba tiba, serta aksi pelemparan juga harus diantisipasi.

“Kepada petugas pengamanan yang menggunakan pakaian sipil harus berbaur dengan massa untuk melakukan antisipasi sedini mungkin hal-hal tersebut, jika ditemukan hal yang mencurigakan, langsung ambil tindakan,” tegas Kapolres.

Kemacetan arus lalulintas juga harus diantisipasi dan jangan sampai terjadi. Bila diperlukan lakukan buka tutup arus untuk hindari kemacetan, dan juga antisipasi terjadinya kecelakaan.

“Mari kita lakukan pengamanan sesuai dengan posnya masing-masing hingga seluruh kegiatan yang diikuti KH Maruf Amin berjalan dengan lancar,” ucap Kapolres.

Sebagai penutup, kepada personel yang bertugas, Kapolres juga mengingatkan untuk tetap menjaga kesehatan, sehingga tugas yang diberikan untuk melakukan pengamanan bisa berjalan dengan baik.

Seperti diketahui, kedatangan KH Maruf Amin ke Purwakarta untuk menghadiri acara Rapat Pleno Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang digelar di Pondok Pesantren Al-Muhajirin 2, Purwakarta.(agus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *