oleh

Berjuang Bersama Untuk Padamkan Api di Gunung Margatapa

Min.co.id-Majalengka-Gunung Margatapa yang terletak di Kecamatan Majalengka pada Jum’at (13/9/2019) sebagian wilayahnya terbakar.

Menurut aktivis lingkungan hidup Eman Kurdiman peristiwa tersebut bermula sekitar asharan, pertama kali api muncul di wilayah Sukamulya Kelurahan Babakan Jawa Kecamatan Majalengka.

“Penampakan apinya terilihat jelas dari wilayah Kota Majalengka, kemudian mengupload di sosial media sehingga banyak masyarakat, relawan dan pihak terkait datang untuk memadamkan namun banyak juga yang hanya melihat-lihat saja ke sekitar komplek makam Pangeran Muhammad,” terang dirinya (Sabtu, 14/9/2019)

Lanjut orang yang aktif di Saung Eurih ini, Tim gabungan yang terdiri dari unsur BPBD Majalengka Damkar, TNI, Polisi, Satpol PP, Pemerintahan setempat, masyarakat, relawan dan unsur lainnya mulai memadamkan api dari bada Magrib. Karena lokasinya lumayan sulit dijangaku serta medannya lereng/jurang maka dalam teknis pemadamannya dilakukan secara manual dan membuat sekat bakar.

“Api cepat meluas karena banyak ilalang, dedaunan dan bambu yang sudah kering ditambah angin yang lumayan kencang sehingga api bisa di padamkan sekitar pukul 02.00 (dini hari). Kita perkirakan luas lahan yang terbakar sekitar 6 hektaran. Tim gabungan sudah bekerja secara maksimal, apalagi Dandim, Kepala Satpol PP dan Kepala BPBD Standby di lokasi sampai api padam” pungkas dirinya. (Ndra)

Komentar

News Feed