Kwarcab Indramayu Peringati 58 Tahun Gerakan Pramuka, Begini Pesan Bupati Indramayu

Min.co.id-Indramayu-Kwartir cabang (Kwarcab) tingkat Kabupaten Indramayu peringati 58 Tahun, Gerakan Pramuka dengan tema “Bersama seluruh komponen bangsa, siap sedia membangun keutuhan NKRI”. Bertempat di Alun-alun Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu. Kamis (05/09/2019).

Dalam kontek Indonesia saat ini, gerakan pramuka harus menjadi “Perekat NKRI dan Rumah Kita Bersama”. Harapan tersebut tercurah kepada Gerakan Pramuka dan suku-suku atau golongan lainnya.

Hal tersebut ditegaskan oleh Bupati Indramayu yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Indramayu, Drs. H. Supendi, M.Si. ketika membacakan sambutan tertulis Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault saat menjadi inspektur upacara pada oeringatan Hari Pramuka ke-58 tingkat Kwarcab Indramayu tahun 2019 yang berlangsung di Alun-alun Haurgeulis.

Menurut Supendi, yang dapat mempersatukan bangsa ini adalah negarawan yang menjadi pemimpin yang amanah. Hal ini menegaskan bahwa Gerakan Pramuka tetap konsisten dan fokus untuk mendidik karakter kaum muda Indonesia untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya NKRI.

“Kami selalu bekerja keras untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia. Untuk itu, saya menghimbau kepada publik secara luas khususnya para orang tua dan guru agar tidak ragu-ragu untuk memberikan kesempatan sekaligus dukungan kepada putra-putrinya untuk mengikuti kegiatan kepramukaan di gugus depan masing-masing.

Meski belum terbentuk di Kabupaten Indramayu lanjutnya, Bupati mengatakan pengenalan pramuka pada anak usia dini, meliputi sejumlah model pembelajaran yang ditujukan dalam memenuhi delapan kecerdasan anak usia dini dan perangsangan perkembangan motorik serta perkembangan kognitif anak usia dini.

“Saya harap, kita semua memiliki perhatian penuh terhadap pembentukan karakter anak bangsa. Pramuka sebagai wadah, akan sangat berkontribusi dalam hal pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia), sesuai dengan salah sau prioritas pembangunan pemerintah Kabupaten Indramayau ” ucapnya

Selanjutnya, Pramuka yang keren, gembira, asyik dan menyenangkan perlu terus dikembangkan sehingga kaum muda bangga dengan Pramuka. Tentu hal ini tidak mudah dan menjadi tugas dan tangung jawab bersama sebagai orang tua, guru, dan Pembina serta insruktur yang didukung oleh majelis pembimbing Gerakan Pramuka.

Pada puncak peringatan Pramuka tersebut, dilakukan pelantikan pengurus Kwaran yang telah habis masa baktinya pada tahun 2017 lalu. Kemudian diserahkan pula bantuan bibit ikan dan bibit pohon mangga kepada Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Haurgeulis untuk ditebar di kolam yang merupakan unit usaha Kwaran Haurgeulis.

Sementara itu ditampilkan pula aksi ketangkasan dari Gugus Depan SMA 1 Haurgeulis yang sangat memukau, dan dinyanyikannya lagu-lagu daerah dari berbagai Indonesia oleh paduan suara SMAN 1 Haurgeulis.

Camat Haurgeulis Rory Firmansyah yang juga Ketua Kwaran Haurgeulis, mengatakan, dipilihnya Kecamatan Haurgeulis untuk melaksanakan peringatan Hari Pramuka tingkat Kabupaten Indramayu tersebut merupakan suatu kehormatan dan hal yang sangat luar biasa. Apalagi diberikan bantuan berupa bibit ikan dan juga Pohon Mangga.

“Kami akan manfaatkan dengan sebaik mungkin bantuan bibit ikan dan Pohon Mangga ini untuk bisa digunakan sebagai unit usaha dan juga Tanaman bagi masyarakat, ini sagat bermanfaat sekali,” tegas Rory.

Puncak peringatan Hari Pramuka selanjutnya ditutup dengan acara Makan Bersama dengan di Iringi sajian tarian topeng dan seni beladiri pencak silat dari Desa Cipancuh Haurgeulis yang dipusatkan di halaman Kantor Kecamatan Haurgeulis. (Alen)

Komentar

News Feed