oleh

Festival Padi Indramayu 2019, Siap Pecahkan Rekor MURI

-News-251 views

Min.co.id, Indramayu – Festival Padi 2019 yang digagas oleh Pemerintah Desa Kalensari, Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Akan diselenggarakan selama 3 hari dan dimulai hari ini, Minggu 28 April hingga Selasa 30 April 2019 mendatang. Kegiatan yang diisi dengan berbagai acara menarik ini bahkan siap memecahkan Rekor MURI. Museum Rekor Indonesia (MURI).

Ketua Panitia Festival Padi 2019 Baman mengatakan, Acara Festival akan dihadiri dari berbagai dinas terkait seperti Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Indramayu, Bupati Indramayu, IPB, dan para mahasiswa. Selama acara berlangsung akan diadakan berbagai kegiatan, diantaranya, menanak nasi di 90 pawon dengan menggunakan 90 varietas lokal. Kegiatan itulah yang rencananya akan mengetes berbagai rasa nasi yang sebelumnya ditanam di Desa Kalensari serta akan diujikan dan berharap bisa memecahkan Rekor MURI.

Selain menanak nasi, akan dibarengi dengan memasak seribu ekor ikan bandeng, uji rasa dan pameran kuliner, serta festival benih dan karya petani kecil. Adapula lomba foto (umum dan pelajar) dengan total hadiah belasan juta rupiah.

Baman, selaku Ketua Panitia Festival Padi 2019 menyampaikan pada awak media min.co.id pada Minggu (28/4/2019).
“Maksud dan tujuan acara ini diadakan adalah untuk menyeleksi kemudian mengujirasa dari hasil padi yang dipersilangkan oleh teman-teman petani kecil, dan para pemula yang kita kumpulkan dari seluruh indonesia, seterusnya kita tanam di Desa Kalensari ini.
Sekaligus Festival Padi 2019 ini akan melaunching padi varietas mana yang harus diunggulkan serta di SK kan oleh Asosiasi Bank Benih & Teknologi Tani Indonesia untuk menjadi varietas”. terang Baman.

“Awalnya acara ini akan dihadiri oleh Bupati Indramayu Drs. H. Supendi, namun kemarin beliau menginfokan berhalangan hadir dan akan diwakilkan oleh wakilnya Sekda Bapak Bachtiar. Sedangkan tamu undangan akan dihadiri oleh Profesor Andreas, Guru Besar IPB kemudian Rektor Universitas Winaya Mukti (Sumedang) beserta dosen dan guru besarnya, serta seratus mahasiswanya yang akan datang besok (Senin: red) menjadi Gaider dan akan menerangkan Varietas-varietas padi kepada mereka yang berkunjung. Termasuk nanti yang akan masak juga para gadis-gadis Mahasiswi. Dan untuk besok akan dihadiri para Kurator dari MURI yang akan mengetes berbagai rasa nasi, kita kan akan memecahkan Rekor MURI dengan katagori masak terbanyak dipawon kemudian masak terbanyak juga dengan varietas-varietas terbanyak dan terbaru”. lanjut Baman.

Di tempat terpisah Kepala Desa/Kuwu Kalensari Masroni mengatakan.
“Selain Festival Padi 2019 ini, akan ada juga agenda lain yang akan digelar. Ada Festival Budaya Tani, yang akan menampilkan berbagai kesenian seperti Tari Topeng, Terbang, Berokan, dan Mapag Sri. Dan akan digelar juga Rakernas benih dan teknologi padi,” kata Masroni. (Rio/Red*)

Komentar

News Feed