oleh

Keputusan Polres Malang Kota Terkait Viral Video Ibu Dorong Anak

-News-222 views

Min.co.id-Malang-Polres Malang Kota sudah membuat keputusan terkait masalah video ibu mendorong anak dari mobil yang viral. Polisi tidak melakukan proses hukum terhadap perekam dan pengunggah video.

“Untuk perekam ataupun pengunggah video, kami kepolisian tentunya tak memprosesnya secara hukum terhadap yang bersangkutan,” kata Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri kepada wartawan di Mapolres, Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jumat (29/3/2019).

Asfuri menyampaikan, pihaknya mengapresiasi upaya dari perekam beserta pengunggah video. Di mana, ketika melihat adanya tindak pidana kekerasan terhadap anak, perekam dengan sigap mendokumentasikan untuk diinformasikan kepada pihak-pihak terkait.

“Yang bersangkutan sudah merekam ketika mengetahui adanya tindak pidana. Kemudian di-upload untuk memberikan informasi kepada pihak-pihak terkait adanya tindak pidana yang dilihat,” imbuh Asfuri.

Menurutnya, unggahan video viral tersebut justru membantu pihak kepolisian dalam menegakkan hukum. Dalam hal ini terkait kasus kekerasan terhadap anak.

“Jadi sangat membantu pihak-pihak terkait untuk melakukan upaya atau langkah-langkah hukum, terutama kepolisian,” tambah Asfuri.

Sangkaan pidana merupakan delik aduan yang hingga saat ini belum dapat dijalankan. Karena sejumlah pihak yang merasa dirugikan dalam kasus ini tak mengadu atau melaporkannya kepada polisi.

Sebelumnya, pihak kepolisian berupaya untuk memburu pengunggah video berdurasi 1 menit 19 detik itu. “Penyelidikan tentunya secara keseluruhan. Termasuk pengunggah video yang menampilkan kekerasan terhadap anak. Ini sungguh disesalkan dan juga bisa terjerat UU ITE. Karena menyebarkan ke media sosial,” kata Kasubbag Humas Polres Malang Kota Ipda Ni Made Seruni Marhaeni, Kamis (28/3).(ntmc)

Komentar

News Feed